Beranda » Blog » 2 Tips Memilih Kain Batik Cap Yang Berkualitas Baik Agar Awet dan Tahan Lama

2 Tips Memilih Kain Batik Cap Yang Berkualitas Baik Agar Awet dan Tahan Lama

Diposting pada 15 August 2023 oleh griyatenun / Dilihat: 88 kali

2 Tips Memilih Kain Batik Cap Yang Berkualitas Baik Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Memilih Kain Batik Cap – Batik cap merupakan kain batik yang dibuat dengan menggunakan alat bernama canting cap, yang berupa stempel atau cap bermotif batik. Jadi motif yang tergambar dalam kain batik cap ini, sudah terbentuk sesuai dengan canting cap.

Canting cap tersebut, umumnya terbuat dari bahan material tembaga yang memiliki bentuk persegi, dengan ukuran sekitar 20 cm x 20 cm.

Kelebihan dari penggunaan alat canting cap ini adalah hemat waktu, sehingga proses pembuatan batik cap menjadi lebih cepat dan ringkas sekitar 2 – 3 hari saja. Hal itu dikarenakan oleh proses pembuatan batik cap yang memang mudah.

Di mana untuk proses pembuatannya hanya perlu mencelupkan canting cap yang sudah dibentuk motifnya ke dalam cairan malam atau lilin dengan suhu panas sekitar 60 – 70 derajat celcius.

Untuk kemudian ditempelkan secara berulang-ulang pada bidang kain mori kosong yang sudah dihamparkan pada meja. Setelah itu, hanya perlu memberi tekanan yang cukup pada canting cap agar cetakan motif batik meresap dan rapi.

Proses tersebut, membuat produksi batik cap bisa dilakukan secara massal. Hanya saja, hal itu membuat estetika seni dari batik cap tidak setinggi batik lukis, yang pada akhirnya membuat harga jual batik cap relatif sangat murah. Oleh karena itu, batik cap seringkali menjadi alternatif pilihan lain dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Tips Memilih Batik Cap

Memilih Kain Batik Cap Berkualitas

Pada dasarnya, Kain batik cap memiliki gambar yang berulang dan sederhana. Namun Kain batik cap hadir dengan berbagai pilihan motif yang beragam.

Selain itu, Kain batik cap memiliki aroma cairan malam yang begitu khas. Di mana untuk warna bagian depan kain batik cap cenderung lebih terang atau pekat, sedangkan untuk bagian belakang atau dalam warnanya lebih tipis.

Nah, bagi anda yang ingin membeli kain batik cap. setidaknya terdapat dua tips mudah dalam memilih batik cap yang memiliki kualitas yang baik. Berikut ulasannya.

Berikut adalah 2 cara untuk memilih kain batik cap berkualitas baik agar awet dan tahan lama. Berikut ulasannya.

1. Perhatikan Cetakan Warna Batik Cap

Apakah warna cetakan mudah menempel atau meninggalkan bekas di kulit yang menandakan bahwa kain batik memiliki kualitas cukup rendah.

Pastikan warna bagian luar dan dalam pakaian sama. Batik dengan kualitas baik, cenderung akan memiliki warna yang sama, baik itu diluar maupun didalamnya. Hal ini menandakan bahwa kain batik diproses dengan pewarnaan yang baik.

2. Pastikan kain Halus dan Lembut

Saat ini ada beragam jenis turunan kain mori, untuk itu pastikan bahwa kain batik cap yang dipilih memiliki kehalusan yang baik dan lembut saat digunakan.

Salah satu cirinya adalah kain mampu memberi rasa dingin dan sejuk ke kulit, yang menandakan bahwa kain yang digunakan memiliki kualitas bagus.

Namun juga ada beberapa jenis kain batik yang terkesan kaku, namun akan melembut ketika sudah dicuci. Jadi periksa kembali bahan kain batik dengan teliti.

Demikianlah informasi tentang tips memilih kain batik cap yang memiliki kualitas baik. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

2 Tips Memilih Kain Batik Cap Yang Berkualitas Baik Agar Awet dan Tahan Lama

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

2 Tips Memilih Kain Batik Cap Yang Berkualitas Baik Agar Awet dan Tahan Lama

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: