Butuh Bantuan? Customer service Griyatenun.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 4 Cara Merawat Kain Tenun Ikat Agar Warna Selalu Tetap Awet, Tidak Mudah Luntur dan Tahan Lama

4 Cara Merawat Kain Tenun Ikat Agar Warna Selalu Tetap Awet, Tidak Mudah Luntur dan Tahan Lama

Diposting pada 8 April 2023 oleh griyatenun | Dilihat: 62 kali

4 Cara Merawat Kain Tenun Ikat Agar Warna Selalu Tetap Awet, Tidak Mudah Luntur dan Tahan Lama

Cara Merawat Kain Tenun – Kain tenun memanglah kain istimewa. Kain tenun sudah menjadi salah satu kearifan lokal berbagai daerah di Indonesia yang unik. Kain tenun dibuat dengan menggunakan mesin yang manual dan dengan tenaga manusia.

Selain dibuat menggunakan ketelitian dan menghabiskan waktu yang lama, kain tenun juga menjadi lambang begitu kayanya budaya Indonesia. Hal ini menyebabkan keberadaan kain tenun menjadi semakin tinggi harganya.

Karena memiliki harga yang cukup tinggi maka untuk melakukan perawatan dari kain tenun ikat  juga tidak boleh sembarangan.

Tips merawat Kain tenun agar tetap awet

Tips merawat Kain tenun agar tetap awet

Perawatan Kain Tenun

Perawatan kain tenun sedikit berbeda dengan jenis kain lainnya. Karena proses pembuatannya yang rumit. Tentunya perawatan kain tenun juga memerlukan perlakuan khusus. Cara mencuci kain tenun bukanlah perkara mudah karena kain tenun pada umumnya ditenun menggunakan bahan atau benang yang terbuat dari serat alami begitu juga dengan warnanya.

Itu artinya Anda tidak bisa dengan sembarangan mencucinya karena jalinan tenunnya bisa saja rusak dan jika terkena jenis detergen yang salah warna alaminya bisa saja menjadi cepat pudar.

Jika anda juga memiliki kain tenun dan bingung bagaimana cara merawatnya agar tidak cepat rusak, Supaya kain tenun yang sudah anda beli dengan harga mahal dapat bertahan lama dan awet.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat kain tenun warnanya tetap awet dan tahan lama. 

Baca Artikel :   4 Proses Pembuatan Tenun Untuk Menghasilkan Kain Tenun Yang Berkualitas Premium, Awet dan Tahan Lama

1. Tahap Pencucian

Sebelum mencuci perhatikan dulu bahan kain tenun anda, apakah katun, rayon atau sutera. Jika bahan kain tenun anda adalah kain sutera sebaiknya jangan dicuci tetapi lebih baik jika di dry clean. Selanjutnya perhatikan apakah kain tenun luntur atau tidak.

Caranya dengan memasukkan kain ke dalam air jernih lalu goyang-goyangkan kain jika menjadi keruh ini tandanya kain tenun anda rentan luntur. Kain yang rentan luntur sebaiknya tidak dicuci.

Kain tenun sebaiknya tidak dicuci dengan mesin karena dapat membuat serat kapas menjadi kusut. tetapi lebih baik dicuci tangan, kucek kain dengan lembut. Hindari penggunaan detergen, sebaiknya gunakan detergen khusus kain tenun. jangan direndam terlalu lama, lebih baik direndam dengan air hangat. Gunakan pelembut setelah mencuci.

2. Tahap Penjemuran

Jauhkan kain dari jangkauan matahari langsung. Jemur kain ditempat yang teduh atau hanya angin-anginkan saja pada saat menjemur.

3. Tahap Penyetrikaan

Jangan menyetrika dengan suhu yang terlalu panas. Lebih baik jika kain dibalik ketika menyetrika supaya warna tak cepat pudar. Atau beri alas diatas kain yang hendak disetrika.

4. Tahap Penyimpanan

Agar kain tenun tetap awet dan tahan lama serta tidak menimbulkan bekas lipatan sebaiknya kain tenun disimpan dengan cara digantung, hal ini bertujuan agar kain tenun tidak kusut dan tidak membentuk bekas lipatan yang justru merusak keindahan kain tenun itu sendiri.

Nah, demikianlah informasi tentang tips mudah dan jitu dalam merawat kain tenun ikat dengan baik dan benar. Agar kain tenun ikta kita selalu terjaga keawetannya ada beberapa tips yang perlu dilakukan antara lain : dalam tahap mencuci, tahap mnjemur, tahap menyetrika dan tahap menyimpan.

Baca Artikel :   Mengenal Kain Tenun, Kain Khas Indonesia Dengan Nilai Budaya Tinggi dan Makna Kebersamaan

Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan anda tentang kain tenun ikat. mulai sekarang cintailah produk-produk dalam negeri. Semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang 4 Cara Merawat Kain Tenun Ikat Agar Warna Selalu Tetap Awet, Tidak Mudah Luntur dan Tahan Lama kepada teman atau kerabat Anda.

4 Cara Merawat Kain Tenun Ikat Agar Warna Selalu Tetap Awet, Tidak Mudah Luntur dan Tahan Lama | GriyaTenun.com

Belum ada komentar untuk 4 Cara Merawat Kain Tenun Ikat Agar Warna Selalu Tetap Awet, Tidak Mudah Luntur dan Tahan Lama

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 28%
Kain Tenun Endek CSM – EDK012

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 137.500 Rp 190.000
Tersedia / ED012
Rp 137.500 Rp 190.000
Stok: Tersedia
Kode: ED012
OFF 20%
Kain Tenun Lurik LR – 006

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kain Lurik LR 006Rp 140.000 Rp 175.000
Tersedia / LR 006
Rp 140.000 Rp 175.000
Stok: Tersedia
Kode: LR 006
OFF 22%
Kain Tenun Baron 1 Dimensi BR-009

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kain Tenun Baron 1 Dimensi BR 009Rp 145.000 Rp 185.000
Tersedia / BR 009
Rp 145.000 Rp 185.000
Stok: Tersedia
Kode: BR 009
OFF 31%
Kain Tenun Baron Jepara – BR001

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Baron Jepara BR 001Rp 125.000 Rp 180.000
Tersedia / BR 001
Rp 125.000 Rp 180.000
Stok: Tersedia
Kode: BR 001
SIDEBAR
Don`t copy text!