Butuh Bantuan? Customer service Griyatenun.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 5 Jajanan Tradisional Jepara Yang Wajib Anda Coba, Siap Memanjakan Lidah Anda

5 Jajanan Tradisional Jepara Yang Wajib Anda Coba, Siap Memanjakan Lidah Anda

Diposting pada 21 August 2023 oleh griyatenun | Dilihat: 72 kali

5 Jajanan Tradisional Jepara Yang Wajib Anda Coba, Siap Memanjakan Lidah Anda

Jajanan Tradisional Jepara – Jepara merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini terkenal akan ukiran kayu dan perabotan yang bernilai tinggi. Selain itu, Jepara juga menawarkan ragam olahan kuliner yang nikmat.

Tidak hanya dikenal dengan kota kelahiran RA Kartini, sentra tenun dan beberapa tempat wisata saja, tetapi Jepara juga dikenal dengan makanan khasnya. Maka dari itu, ketika berkunjung ke Jepara, sebaiknya jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khasnya.

Beriku ini adalah 5 jajanan Tradisional khas Jepara yang wajib anda coba saat berkunjung : 

1. Bontosan

Saat berkunjung ke Jepara, salah satu makanan khas Jepara yang wajib Anda coba adalah bontosan. Bontosan merupakan kerupuk yang dibuat dengan bahan dasar ikan kerapu. Makanan yang satu ini biasa dijual dalam bentuk gulungan yang dapat diolah dengan cara digoreng maupun dikukus.

bontosan

Bontosan yang dikukus biasa dinikmati dengan pelengkap saus sambal. Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut serta cita rasa yang gurih dan khas.

Makanan yang satu ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp 10.000,- per bungkus. Anda dapat membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Jepara. Bagi Anda yang suka olahan makanan dengan bahan dasar ikan, bontosan menjadi salah satu yang wajib Anda coba.

2. Moto Belong

Moto Belong menjadi salah satu makanan khas Jepara yang sayang untuk Anda lewatkan. Makanan yang satu ini termasuk makanan tradisional yang masih banyak diburu hingga saat ini.

Baca Artikel :   Mengenal Tenun Troso - Sejarah, Ciri Khas, Ragam Motif Kain Tenun Khas Kota Jepara Dengan Citarasa Modern

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memiliki tampilan seperti mata melotot sehingga disebut dengan moto belong.

moto belong

Bahan utama pembuatan makanan yang satu ini adalah singkong yang diparut. Singkong diolah dan dicetak berbentuk bundar dengan isian pisang di bagian tengahnya.

Makanan yang satu ini menawarkan cita rasa yang khas dan diminati oleh semua kalangan. Harga dari moto belong juga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 5.000,- per porsi.

3. Horok-horok

Salah satu makanan khas Jepara yang sayang untuk Anda lewatkan adalah horok horok. Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan ringan yang cukup populer di Jepara.

Bahan dasar pembuatan horok-horok adalah tepung Aren yang diolah dengan santan dan juga gula pasir.

horok-horok

Horok-horok dapat dinikmati bersama dengan makanan lain seperti bakso, gulai, dicampur petis serta minuman hangat.

Makanan legendaris yang satu ini kini cukup sulit ditemukan tetapi Anda tetap bisa membelinya di pasar tradisional di Jepara. Horok-horok biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 5.000,- per porsi.

4. Turuk Bintol

Turuk bintol termasuk salah satu makanan khas dari Desa Pendosawalan, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara.

Untuk bahan utama makanan khas Jepara turuk bintul ini adalah ketan putih. Lalu, untuk bahan lainnya yaitu santan kelapa, garam, beberapa lembar daun pandan, kelapa parut kasar, dan juga kacang tolo.

turuk bintol

Cara memasak kuliner ini yaitu dengan cara dikukus. Kamu bisa mencoba kuliner ini saat berkunjung di Jepara. Anda bisa membelinya di pasar tradisional yang ada di Jepara ini.

5. Rondo Royal

Rondo Royal merupakan makanan khas Jawa Tengah yang dibuat dengan bahan dasar tepung beras. Selanjutnya, bagian dalamnya diisi dengan tape dan dimasak dengan cara digoreng.

Baca Artikel :   6 Fakta Menarik Seputar Kabupaten Jepara, Ternyata Pernah Terpisah dari Pulau Jawa

Makanan khas Jepara rondo royal ini mempunyai perpaduan rasa manis, asam dan asin. Rondo royal ini sangat cocok kamu coba nikmati saat masih hangat.

rondo royal jepara

Masyarakat Jepara juga banyak yang mengenal kuliner khas Jepara rondo royal ini sebagai monyos dan tentunya makanan ini bisa kamu jumpai di setiap pasar tradisional di Jepara.

Itulah 5 Jajanan tradisional khas dari kabupaten Jepara dan pasti nya wajib kalian coba. Menurut kalian jajanan tradisional mana yang paling kalian suka?. Kalian bisa jawab dikolom komentar yang ada di bawah, dan jelasin gimana rasanya! Selamat mencoba!.

Bagikan informasi tentang 5 Jajanan Tradisional Jepara Yang Wajib Anda Coba, Siap Memanjakan Lidah Anda kepada teman atau kerabat Anda.

5 Jajanan Tradisional Jepara Yang Wajib Anda Coba, Siap Memanjakan Lidah Anda | GriyaTenun.com

Belum ada komentar untuk 5 Jajanan Tradisional Jepara Yang Wajib Anda Coba, Siap Memanjakan Lidah Anda

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 29%
Kain Tenun Blanket Toraja BLKT003

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 125.000 Rp 175.000
Tersedia / BLKT003
Rp 125.000 Rp 175.000
Stok: Tersedia
Kode: BLKT003
OFF 15%
Kain Tenun Kamen KM 009

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Kamen KM 009Rp 72.000 Rp 85.000
Tersedia / KM 009
Rp 72.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
Kode: KM 009
OFF 26%
Kain Tenun ReMoven RMN004

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 145.000 Rp 195.000
Tersedia / RMN004
Rp 145.000 Rp 195.000
Stok: Tersedia
Kode: RMN004
OFF 15%
Kain Tenun Baron Jepara – BR002

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Baron Jepara BR 002Rp 182.000 Rp 215.000
Tersedia / BR 002
Rp 182.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
Kode: BR 002
SIDEBAR
Don`t copy text!