Beranda » Blog » 5 Jenis Kain Tenun Paling Laris dan Banyak diburu di Pasar Online Indonesia

5 Jenis Kain Tenun Paling Laris dan Banyak diburu di Pasar Online Indonesia

Diposting pada 4 November 2023 oleh griyatenun / Dilihat: 100 kali

5 Jenis Kain Tenun Paling Laris dan Banyak diburu di Pasar Online Indonesia

Jenis Tenun Paling Laris – Kain tenun tak hanya punya nilai tinggi tapi juga bisa jadi berbagai produk kerajinan lainnya. Kreasi kain tenun pun kini kian di minati dan laris manis di buru warga. mulai dari pakaian, hoodie hingga tas.

Kini, banyak anak muda Indonesia terinspirasi untuk mengenakan tenun ikat bertema etnik modern yang cocok untuk semua kalangan agar tetap tampil modis dan stylish.

Kain Tenun paling laris

Berikut ini adalah 5 jenis kain tenun yang laris manis dipasaran online Indonesia. Berikut ulasannya.

1. Tenun Toraja

Saat ini benar benar sedang berada di puncak popularitas sebagai tenun yang terkenal di Indonesia. Dukungan event budaya, wisata dan sejarah membuat kerajinan tenun Toraja menjadi kain tenun paling laris saat ini.

Motif tenun Toraja paling terkenal berbentuk bidang segitiga dengan corak seperti anak panah yang tersusun selang – seling ditambah garis zig –zag yang membentuk pola. Sementara motif lain yang juga populer adalah corak kait dan sekon yang menggambarkan tubuh manusia. Lokasi sentra tenun yang laris ini ada di Sa’dan To’barana, Toraja Utara.

Dewasa ini, tenun Toraja banyak dibuat menjadi baju wanita dan baju pria. Model bajunya juga banyak dibuat lebih modern. Inovasi yang menjadikan tenun Toraja sebagai kain tenun paling laris dan terkenal di Indonesia.

2. Tenun NTT

Tenun Nusa Tenggara Timur (NTT) mempunyai ragam corak paling laris dan kaya ragam di Indonesia. Merupakan salah satu tenun yang terkenal di Indonesia. Tidak hanya di pusat kota Kupang, hampir tiap kabupaten di NTT memiliki corak khas yang menyimpan nilai sejarah adat turun temurun.

Baca Artikel :   Mengenal Kain Tenun, Kain Khas Indonesia Dengan Nilai Budaya Tinggi dan Makna Kebersamaan

Salah satu daerah tenun paling terkenal adalah tenun Sumba. Keberadaan tenun Sumba yang telah diakui UNESCO membuat motif kuda lebih dahulu melesat popularitasnya.

Tak hanya pemerintah daerah di Kupang, promosi pejabat pemerintah pusat dan artis nasional seperti Dian Sastrowardoyo yang rajin memakai tenun juga turut andil. Ledakan popularitas tenun NTT pun tak terhindarkan dan menjadikannya sebagai kain yang laris di cari di dunia maya.

Ditambah keindahan wisata alam penunjang, lengkap sudah keberadaan tenun NTT sebagai lambang keindahan tenun yang terkenal di Indonesia. Tak heran, di internet pun tenun NTT menjadi salah satu kain tenun paling laris.

3.Tenun Donggala

Kemunculan tenun Donggala sebagai salah satu kain tenun paling dicari di internet memang cukup mengejutkan. Apalagi berada di peringkat 3 besar tenun paling laris. Popularitasnya di media sosial sebenarnya tidak tinggi. Demikian pula di dunia selebriti, hampir tidak ada artis yang mempromosikannya dengan memposting di media sosial.

Meski demikian, kekhasan tenun Donggala sebagai kain tradisional dengan bahan benang sutera ternyata diam diam digemari pengguna internet. Bahannya mewah dan ada tenun yang ada tambahan benang emas. Cara mencuci sarung tenun sutera juga tidak susah.

Lonjakan perhatian nitizen pada tenun Donggala biasanya terjadi saat mendekati puasa dan hari Raya Idul Fitri. Ditengarai, produk jualan paling laku adalah sarung Donggala. Pakaian khas Indonesia yang memang selalu laris menjelang bulan puasa.

4. Tenun Lombok

Sempat menjadi primadona di Indonesia setelah beberapa selebriti tanah air tampil dengan busana dari kain khas Nusa Tenggara Barat tersebut. Bahkan, desainer baju muslim kondang Dian Pelangi secara khusus pernah membuat rancangan dari songket Lombok yaitu jenis tenun yang berasal dari lombok. Hasil karyanya pun mengundang decak kagum wanita Indonesia terutama kalangan hijaber muda.

Baca Artikel :   Inilah 5 Ragam Motif  Tenun Yang Populer di Kain Tenun Nusantara Yang Perlu anda Ketahui

Sekarang ini, tenun Lombok yang sedang laris manis adalah jenis ikat kepala untuk traveler dan pendaki gunung. Pecinta alam yang biasa kemah dan menjelajah gunung rasanya tak lengkap tanpa syal dan ikat kepala bergaris khas tenun Lombok. Satu lagi, syal tenun Lombok harganya relatif murah membuat keberadaannya makin dicari remaja dan mahasiswa pendaki gunung. Makin laris saja ya tenun yang berasal dari Lombok.

5. Tenun Jepara

Kain tenun Jepara terkenal dengan adaptasi motifnya yang menyerap ornamen atau corak khas dari berbagai daerah di Indonesia. Tak heran, jenis tenun dan ragam hias kain yang dihasilkan lebih kaya dan dinamis dibandingkan daerah lain.

Selain itu, etos kerja keras dan efektifitas pembuatan tenun membuat pengrajin di Desa Troso Jepara mampu menyediakan kain tenun dalam waktu yang relatif cepat dan harganya lebih murah. Nggak heran kan, tenun Jepara termasuk yang paling laris.

Kekurangannya, tenun jepara tidak mempunyai corak yang menjadi pakem khas atau motif bersejarah yang dibuat secara turun temurun. Selain menyerap motif dari daerah lain, kreasi asli pengrajin tenun Jepara biasanya tidak bertahan lama. Mereka mengikuti permintaan pasar.

Terkadang, dalam tiap bulan pengrajin mengganti motif yang mereka ciptakan dengan ragam corak baru. Tujuannya agar kain tenun yang mereka hasilkan tetap laku terjual di pasaran. Terbukti, kegigihan pengrajin dalam membuat dan menjual secara online membuat Tenun Jepara berada di 5 besar tenun paling laris di internet.

Demikianlah informasi tentang 5 jenis kain tenun Indonesia yang laris manis di pasar Online Indonesia. Apakah sobat griya tenun sudah memiliki salah satu diantaranya. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat dan terima kasih.

Baca Artikel :   Mengenal Teknik Tenun Ikat Pakan - Pengertian, Keunggulan dan Tahap Pembuatannya  

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

5 Jenis Kain Tenun Paling Laris dan Banyak diburu di Pasar Online Indonesia

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 Jenis Kain Tenun Paling Laris dan Banyak diburu di Pasar Online Indonesia

Don`t copy text!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: