Butuh Bantuan? Customer service Griyatenun.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 5 Jenis Kain Tradisional Khas Bali Yang Perlu Anda Ketahui, Salah Satunya Punya Nilai Jual Yang Sangat Tinggi

5 Jenis Kain Tradisional Khas Bali Yang Perlu Anda Ketahui, Salah Satunya Punya Nilai Jual Yang Sangat Tinggi

Diposting pada 3 November 2023 oleh griyatenun | Dilihat: 45 kali

5 Jenis Kain Tradisional Khas Bali Yang Perlu Anda Ketahui, Salah Satunya Punya Nilai Jual Yang Sangat Tinggi

Jenis Kain Khas Bali – Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang paling digemari di Indonesia. Pulau Dewata memiliki deretan pantai yang begitu eksotis dan juga memiliki kebudayaan yang sangat kaya.

Salah satu warisan budaya yang patut kita banggakan adalah kain khas Bali yang keberadaannya sudah diakui oleh dunia. Bahkan, salah satunya pernah tampil di atas panggung peragaan busana dari desainer terkenal dunia.

Kain khas Bali berfungsi untuk menutup tubuh dalam keseharian masyarakat. Selain itu, kain ini juga digunakan untuk prosesi upacara adat. Kain khas Bali juga digunakan sebagai ornamen untuk menghias tempat upacara di pura, rumah, atau di pusat desa.

Kain tenun endek

Berikut ini adalah 5 jenis kain tenun khas bali perlu anda ketahui. 

1. Kain Tenun Endek

Kain Endek sendiri merupakan salah satu kain tenun ikat khas Bali yang sudah berkembang sejak tahun 1985 dan umumnya digunakan untuk upacara keagamaan. Namun seiring berkembangnya waktu, ada beberapa motif kain endek yang juga bisa digunakan untuk kebutuhan fesyen.

Jika tertarik membeli kain ini untuk dijadikan oleh-oleh, Sobat Pesona bisa mengunjungi Desa Sidemen di Karangasem yang merupakan desa penghasil tenun endek atau belanja di spot oleh-oleh di Kabupaten Klungkung.

2. Kain Tenun Gringsing

Kain gringsing adalah kain yang sangat unik dan wajib dimasukkan ke dalam daftar oleh-oleh. Kain ini begitu unik karena merupakan satu-satunya kain tenun khas Nusantara yang dibuat dengan cara dobel ikat.

Baca Artikel :   3 Tahap Pembuatan Kain Tenun Rangrang Khas Nusa Penida Bali, Tak Heran Harganya Hingga Jutaan

Karena cara pembuatannya yang unik ini, kain gringsing membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk proses pembuatannya. Tidak mengherankan kalau kain ini memiliki harga yang cukup tinggi.

Namun kamu nggak perlu khawatir harus menunggu lama untuk mendapatkan kain yang cantik ini. Kamu datang saja ke Desa Tenganan untuk mendapatkannya, selain belanja pelanggan juga akan diperbolehkan untuk melihat proses pembuatan kain tenun gringsing ini dari dekat.

3. Kain Tenun Rangrang

Kata rangrang sendiri secara harfiah memiliki arti bolong-bolong. Sesuai dengan namanya, kain rangrang ini memiliki ciri pada kain tenunnya yang terdapat bolong-bolong kecil.

Ciri khusus dari kain jenis ini adalah motif simetris dan pemilihan warna yang cerah. Motifnya terinspirasi dari wilayah pegunungan dan perbukitan di Bali.

Sedangkan, untuk warnanya, para pengrajin menggunakan pewarna alami yang berasal dari tumbuhan seperti kulit mangga, daun indigo, dan serat kayu. Proses pewarnaan alami ini tentu lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan proses pewarnaan kimia.

kain rangrang ini banyak dijumpai di daerah Nusa Penida. Di sana banyak sekali para pengrajin yang memproduksi kain yang indah ini.

4. Kain Poleng

Kain poleng ini bermotif kotak-kotak berwarna hitam putih. Kain poleng ini lebih banyak digunakan dalam upacara adat seperti dipara para penari Kecak sebagai kostum.

Kain poleng biasa dikenakan Desain kotak-kotak hitam dan putih dalam kain poleng mewakili dua karakteristik kontradiktif Rwa dan Bhineda.

Selain dikenakan dalam acara dan upacara adat, kain poleng juga sering dililitkan pada benda-benda tertentu seperti pohon-pohon besar dan patung, konon hal tersebut menjadi penanda bahwa ada roh para butha atau penunggu pada area atau objek tersebut.

Baca Artikel :   4 Keistimewaan Tenun RangRang Khas Nusa Penida, Bali Yang Memiliki Filosofi Yang Mendalam Bagi Masyarakat Bali

Kain poleng ini juga bisa menggunakannya untuk hal lain lho. Bisa juga dipakai sebagai dekorasi di rumah, atau taplak meja.

5. Kain Prada

kain prada yang memiliki motif dan tampilan yang cukup mewah di antara jenis kain lainnya. Hal itu tidak lain karena terdapat lapisan warna keemasan pada seluruh bagian kain. Corak atau lapisan emas ini bisa umumnya didesain dengan bentuk hewan atau bunga.

Untuk membuat kain prada, dibutuhkan tingkat keterampilan yang tinggi karena detail motifnya yang rumit. Dulunya, kain prada dibuat dengan emas asli, namun seiring dengan berjalannya waktu, para pengrajin menggunakan benang atau foil berwarna emas.

Demikianlah informasi tentang 5 jenis kain tradisional khas Bali yang wajib untuk kamu miliki.Dalam artikel ini kita telah membahas 5 jenis kain khas bali yang paling populer antara lain : tenun endek, tenun gringsing, tenun rangrang, kain prada.  Jadi, ketika anda berlibur ke Pulau Dewata, pastikan kamu tidak lupa untuk membawa kain-kain ini sebagai buah tangan, ya!.

 

 

 

Bagikan informasi tentang 5 Jenis Kain Tradisional Khas Bali Yang Perlu Anda Ketahui, Salah Satunya Punya Nilai Jual Yang Sangat Tinggi kepada teman atau kerabat Anda.

5 Jenis Kain Tradisional Khas Bali Yang Perlu Anda Ketahui, Salah Satunya Punya Nilai Jual Yang Sangat Tinggi | GriyaTenun.com

Belum ada komentar untuk 5 Jenis Kain Tradisional Khas Bali Yang Perlu Anda Ketahui, Salah Satunya Punya Nilai Jual Yang Sangat Tinggi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 26%
Kain Tenun Rangrang – RR 002

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun rangrang RR 002Rp 100.000 Rp 135.000
Tersedia / RR 002
Rp 100.000 Rp 135.000
Stok: Tersedia
Kode: RR 002
OFF 17%
Kain Tenun Blanket Halusan – BK 013

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tnun Blanket Halusan BK 013Rp 120.000 Rp 145.000
Tersedia / BK 013
Rp 120.000 Rp 145.000
Stok: Tersedia
Kode: BK 013
OFF 19%
Tas Tangan Tenun Wanita TTW003

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 185.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 185.000
Stok: Tersedia
OFF 15%
Kain Tenun Kamen – KM002

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Kamen KM 002Rp 72.000 Rp 85.000
Tersedia / KM 002
Rp 72.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
Kode: KM 002
SIDEBAR
Don`t copy text!