Beranda » Blog » 5 Kerajinan Dari Batik Yang Populer dan Banyak Peminat Masyarakat

5 Kerajinan Dari Batik Yang Populer dan Banyak Peminat Masyarakat

Diposting pada 26 September 2023 oleh griyatenun / Dilihat: 65 kali

5 Kerajinan Dari Batik Yang Populer dan Banyak Peminat Masyarakat

Kerajinan dari Batik Batik merupakan hasil kesenian asli Indonesia yang telah melekat dan menjadikannya sebagai salah satu identitas bangsa. Hal ini membuktikan bahwa batik masih diperhitungkan sebagai suatu produk yang terus berkembang dan diminati publik.

Kerajinan dari batik pun makin hari makin bervariasi karena memiliki sifat praktis dan estetik. Terdapat berbagai macam jenis produk turunan kerajinan batik yang ada di tengah masyarakat. Banyak pengrajin batik yang membuat berbagai jenis tas berbasis batik dengan menggunakan motif batik modern.

Tas batik

Berikut ini adalah beberapa kerajinan Batik yang banyak di minati Masyarakat :

1. Sebagai Busana

Seiring berkembangnya zaman, banyak desainer muda bermunculan yang menggunakan batik untuk dikreasikan menjadi busana. Hal ini membuat busana batik tidak hanya monoton dengan model yang itu-itu saja. Jadi, semakin banyak variasi mode busana batik yang tersebar di tengah masyarakat dan dapat memenuhi standar atau tuntutan gaya hidup kekinian.

Batik tidak hanya digunakan masyarakat Indonesia saja tetapi pasar luar telah melirik batik. Jadi perkembangan kreasi batik tidak hanya berputar di wilayah domestik saja tetapi juga secara internasional.

Contohnya seperti busana yang apik bagi wanita atau pria dengan menggunakan kain batik. Busana yang dihasilkan tidak hanya menampilkan kesan formal dan anggun saja tetapi dapat dinilai sebagai busana yang indah dengan sentuhan-sentuhan kekinian pada model bajunya.

2. Sebagai Tas

Tas merupakan sebuah produk yang digunakan manusia karena sifatnya yang praktis. Sebagian dari masyarakat kita menjadikan tas sebagai pelengkap atau pendamping busana dan alas kaki.

Tas memiliki beberapa jenis yang berbeda berdasarkan bagaimana masyarakat menggunakannya. Contohnya seperti tas sekolah, tas kantor, tas olahraga, tas pesta, koper dan sebagainya.

– Tas kantor batik
Berdasarkan penelitian dan kreasi yang telah dikemukakan oleh akademisi, batik dapat diaplikasikan pada berbagai model tas. Bagi Anda seorang pegawai kantoran yang perlu membawa laptop atau berkas-berkas di dalam tas, Anda bisa menggunakan tas model briefcase. Tas model ini bisa dimodifikasi dan bisa memakai kain batik sebagai bahan utamanya menggantikan leather atau kulit.

– Totebag batik
Salah satu jenis tas yang bisa digunakan ketika menggunakan pakaian kasual adalah totebag. Banyak anak muda yang menggunakan jenis tas ini karena bentuknya yang sederhana dan tidak ribet. Supaya jenis tas ini tidak terlalu terlihat plain, Anda bisa membuatnya menggunakan kain batik.

Jika Anda ingin menampilkan sisi ceria, maka Anda bisa menggunakan motif batik pesisir karena warna dan coraknya yang bervariasi.

– Koper batik
Jika Anda sering bepergian dan ingin menampilkan jati diri seorang warga negara Indonesia dengan cara yang estetik, Anda bisa menggunakan koper yang didesain secara khusus menggunakan kain batik.

Jadi, kemana pun Anda pergi, Anda bisa menunjukkan keindahan batik melalui koper yang Anda gunakan saat berada di luar negeri.

– Handbag batik
Apabila perlu mendatangi sebuah acara semi formal seperti pernikahan atau hanya sekedar datang ke pesta, tentunya Anda tidak perlu menggunakan tas berukuran besar.

Anda bisa menggunakan hand bag yang didesain secara khusus menggunakan batik. Selain tampil minimalis, Anda juga akan mendapatkan looks classy dengan lukisan motif batik pada hand bag.

Tas sekolah batik
Tas berjenis rucksack pada umumnya bisa digunakan oleh semua umur tak terkecuali siswa siswi di bangku sekolah. Tas ransel ini memiliki banyak bagian terpisah sehingga cocok digunakan siswa siswi aktif yang harus membawa berbagai kebutuhan sekolah.

Anda bisa mengenalkan dan membuat anak-anak Anda semakin akrab dengan salah satu identitas bangsa ini dengan menggunakan tas sekolah batik.

Sepatu Batik

3. Sebagai Sofa

Jika Anda beranggapan bahwa batik hanya dapat diaplikasikan pada produk busana dan aksesorisnya, maka Anda perlu melihat produk turunan batik yang satu ini. Jadi, batik dapat diaplikasikan bahkan pada produk furnitur sekalipun.

Batik dapat dimanfaatkan sebagai pelapis sofa dan sarung bantalnya. Penggunaan batik sebagai pelapis sofa dan bantal dinilai cukup tidak berlebihan. Pasalnya batik sendiri dapat menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan tampilan furnitur terkesan tradisional tanpa menggunakan perabotan full dari kayu.

4. Sebagai Perlengkapan Hidup

Pemanfaatan batik kini lebih meluas dari yang sebelumnya. Pada awalnya batik hanya digunakan sebagai busana saja. Tetapi batik kini telah dimanfaatkan untuk berbagai perlengkapan hidup masyarakat. Hal ini memperlihatkan bahwa kreativitas masyarakat dan juga kebutuhan atas batik tidak menyusut seiring berkembangnya waktu.

Kerajinan Batik sebagai Perlengkapan Hidup

– Sepatu batik
Sebelumnya batik selalu dinilai sebagai sesuatu yang sakral dan bernilai tinggi sehingga penggunaan dan pengaplikasiannya tidak bisa sembarangan. Tetapi, setelah perkembangan zaman, kain batik juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuat sepatu. Jadi, terdapat sepatu yang menggunakan motif batik.

– Taplak meja
Kain batik juga bisa digunakan sebagai taplak meja. Tentunya tidak serta merta kain batik langsung digelar begitu saja di atas meja. Anda perlu memodifikasinya dengan kain polos dan menempatkan kain batik di bagian tengah supaya batik bisa menjadi titik fokusnya. Taplak meja batik akan membuat meja menjadi semakin estetik.

– Lampu tidur
Lampu tidur bermotif batik akan mengubah suasana kamar Anda. Kesan klasik bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan kain batik pada penyekat lampu tidur.

Jenis perlengkapan ini termasuk kerajinan dari batik yang sederhana karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Jika tidak ada waktu, Anda bisa mendapatkannya di toko kerajinan batik.

5. Kerajinan Batik Sebagai Dekorasi

Anda bisa memanfaatkan batik sebagai dekorasi ruangan di rumah. Terdapat dua cara untuk menjadikan batik sebagai hiasan di dinding. Pertama, potong dan pajang batik menggunakan frame foto yang sesuai.

Kedua, Anda bisa memasangnya begitu saja di dinding seperti kain hiasan dinding kekinian yang sedang trend di kalangan masyarakat. Kuncinya, Anda perlu mencari motif batik dengan tepat agar sesuai dengan tema yang Anda usung.

Demikianlah informasi mengenai kerajinan dari batik berupa produk turunan yang bisa Anda gunakan di kehidupan sehari-hari. Pastikan bahwa Anda memilih motif batik paling sesuai agar nilai estetik dari batik tersebut semakin tinggi. Semoga bermanfaat.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

5 Kerajinan Dari Batik Yang Populer dan Banyak Peminat Masyarakat

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

5 Kerajinan Dari Batik Yang Populer dan Banyak Peminat Masyarakat

Don`t copy text!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: