Beranda » Blog » 7 Bagian Pakaian Yang Sering Membuat Penasaran, Ternyata Ada Kisah Uniknya Lho!

7 Bagian Pakaian Yang Sering Membuat Penasaran, Ternyata Ada Kisah Uniknya Lho!

Diposting pada 24 September 2023 oleh griyatenun / Dilihat: 91 kali

7 Bagian Pakaian Yang Sering Membuat Penasaran, Ternyata Ada Kisah Uniknya Lho!

Bagian Pakaian – Pakaian adalah satu dari tiga kebutuhan pokok manusia. Dulunya pakaian diciptakan untuk menutup dan melindungi tubuh dari sesuatu yang membahayakan tubuh. Entah itu panas matahari, hembusan udara dingin, hujan, gigitan serangga dan ancaman lainnya.

Dewasa ini, pakaian mulai beralih fungsi menjadi unsur hias atau aksesoris agar terlihat lebih menarik. Kalau diperhatikan lagi, ternyata pakaian punya beberapa bagian unik lho. Ada yang hanya menambah nilai estetika, ada pula yang sengaja dibuat untuk tujuan praktis.

Bagian Pakaian

7 Bagian Pakaian

Banyak orang menganggap tanda atau benda kecil pada Pakaian atau busana sebagai hiasan. Padahal ia juga memiliki fungsi tapi hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya.

Untuk mengobati rasa penasaran, berikut ini Bahankain.com suguhkan beberapa bagian pakaian lengkap dengan berbagai kisah uniknya. Simak pembahasannya yuk!

1. Kantong Kecil di Saku Celana Jeans

Pernahkah kamu mendapati kantong kecil di sebelah kanan atau kiri atas celana jeans? Jeans generasi pertama memiliki empat buah saku dan satu kantong kecil. Dua saku di belakang, dua saku di bagian depan dan sebuah kantong kecil di atas dalam saku depan.

Awalnya kantong kecil itu dipakai untuk menyimpan jam saku yang wujudnya seperti jam tangan tanpa strap. Seiring perkembangan jaman, orang-orang mulai terbiasa memakai jam tangan atau melihat jam di handphone. Sehingga keberadaan kantong kecil ini sudah tak begitu diperlukan.

2. Paku keling di saku celana jeans

Selain kantong kecil, versi terdahulu celana jeans juga dilengkapi paku keling di setiap ujung lubang sakunya. Pemasangan paku tersebut bukan sekedar aksen hias tetapi berguna untuk memperkuat saku celana supaya tidak mudah rusak atau sobek.

Karena awalnya jeans merupakan jenis celana yang dikhususkan bagi para pekerja. Pemakaian sehari-hari akan mengakibatkan robekan di sudut-sudut saku jeans.

paku keling celana jeans

3. Loop di belakang kemeja

Biasanya loop atau lubang setengah lingkaran terdapat di bawah kerah kemeja pria bagian belakang. Tak banyak yang tahu kalau keberadaan loop ini sangat penting dan membantu kita, lho. Loop akan memudahkan kita saat menggantung kemeja dan menjaganya agar tetap rapi.

4. Lubang kancing horizontal di kemeja

Hampir di semua lubang kemeja paling atas membentuk garis horizontal, kenapa demikian? Sebenarnya arah lubang kancing tersebut didesain khusus untuk mempermudah seseorang memakai dasi.

Meski kancing paling atas ini sangat jarang digunakan, tapi keberadaannya dapat menunjang keseluruhan penampilan. Performa seseorang dengan kerah kemeja berkancing terkesan lebih rapi dan professional.

5. Lidah berkancing di pundak jaket

Penggemar jaket pasti sangat sering melihat kancing aktif yang menempel di bahu atau pundak. Tentunya ia punya fungsi praktis dan bermanfaat bagi si pemakai. Terutama saat penggunanya membawa tas ransel atau tas punggung. Kancing akan mempertahankan posisi tas supaya tidak melorot atau jatuh.

6. Jahitan segitiga pada sweater

Pernah melihat segitiga kecil di kerah bawah leher sweater? Banyak orang mengira itu hanya sekedar hiasan. Padahal jahitan berbentuk segitiga ini sebenarnya berfungsi menahan keringat yang turun dari leher. Bahan pembuatnya pun berbeda dan lebih mampu menyerap cairan loh.

7. Kancing di ujung kerah

Kancing di ujung kerah pertama kali dipopulerkan oleh pemain polo yaitu olahraga tenis sambil menunggang kuda. Saat berkuda, kerah mereka melambai-lambai membuat tidak nyaman dan mengganggu jalannya pertandingan.

Sejak saat itu, ujung kerah seragam polo dipasangi kancing agar tidak ‘berterbangan’. Kini banyak jenis kemeja memiliki kancing di ujung kerah sehingga terlihat lebih rapi.

Demikianlah informasi 7 bagian busana beserta kisah uniknya. Sudah nggak penasaran lag ikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tags: , , , ,

Bagikan ke

7 Bagian Pakaian Yang Sering Membuat Penasaran, Ternyata Ada Kisah Uniknya Lho!

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

7 Bagian Pakaian Yang Sering Membuat Penasaran, Ternyata Ada Kisah Uniknya Lho!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: