Beranda » Blog » 9 Makanan Khas Jepara Yang Unik dan Wajib Anda Coba, Siap Membuat Lidah Anda Bergoyang

9 Makanan Khas Jepara Yang Unik dan Wajib Anda Coba, Siap Membuat Lidah Anda Bergoyang

Diposting pada 25 August 2023 oleh griyatenun / Dilihat: 82 kali

9 Makanan Khas Jepara Yang Unik dan Wajib Anda Coba, Siap Membuat Lidah Anda Bergoyang

Makanan khas Jepara – Jepara merupakan salah satu kota bersejarah di Jawa Tengah. kota jepara Terkenal dengan kisah R.A Kartini, sebagai pahlawan wanita.

Kota Jepara juga dikenal sebagai kota ukir sejak lama. Sangat mudah untuk menemukan pengrajin ukiran kayu dan karyanya yang menarik hampir di setiap sudut wilayahnya. Selain itu, kota jepara juga terkenal akan kerajina tenun yang sudah dikenal dunia internasional.

Jepara yang dekat dengan laut juga memiliki sederet makanan khas dengan berbagai rasa, mulai dari manis, asin, gurih, semua ada. Berikut makanan khas Jepara yang unik dan siap memanjakan lidahmu. berikut ulasannya.

Makanan Khas jepara

1. Sayur Betik

Terbuat dari daging tetelan dan pepaya muda, sayur betik dimasak menggunakan bumbu keluak. Hidangan tersebut merupakan menu sehari-hari di Jepara.

Selain daging tetelan dan pepaya muda, bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat sayur betik adalah daun salam, daun jeruk, serai, garam, gula pasir, air asam, santan, dan minyak.

Untuk bumbu halus, kamu hanya perlu siapkan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, keluak, merica, jinten bubuk, kunyit yang sudah dibakar, dan kencur.

2. Sup Pangsit

Sup pangsit merupakan paduan antara kuliner lokal dan asing. Konon ini adalah salah satu makanan kesukaan RA Kartini. Sup pangsit terdiri dari pangsit, tetapi pangsit ini berbeda dengan pangsit kebanyakan yang sering dilihat.

Baca Artikel :   5 Minuman Khas Jepara Yang Perlu Anda Coba, Siap Segarkan Tenggorokan Anda

Bentuk pangsit Jepara mirip rolade, dan kulitnya terbuat dari telur dadar. Sup pangsit jepara kemudian hidangan dilengkapi dengan seafood dan sayuran agar lebih sehat.

Untuk bumbu, sup pangsit dibuat menggunakan banyak bumbu termasuk rempah lokal.

3. Sayur Keluak ayam

Tidak hanya bisa digunakan untuk membuat rawon, namun kamu bisa coba menggunakan keluak untuk membuat sayur keluak ayam.

Hidangan khas Jepara tersebut terbilang cukup mudah untuk dimasak. Bahan-bahan yang digunakan hanya ayam, bawang putih, bawang merah, cabai merah, santan, garam, gula merah, air asam jawa, dan minyak saja.

Sementara untuk bumbu halus, kamu hanya perlu siapkan lengkuas, ketumbar, terasi yang sudah dibakar, dan keluak.

4. Pindang Serani

Pindang serani merupakan hidangan berkuah yang dibuat dengan bahan baku ikan laut. Di Jepara, kamu bisa dengan mudah menemui hidangan tersebut.

Biasanya, pindang serani akan disajikan dengan hangat dalam sebuah mangkuk lebar. Hidangan juga dilengkapi dengan sepotong daging ikan yang tenggelam dalam kuah bening.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan potongan cabai, tomat, belimbing wuluh, dan daun kemangi dalam kuah tersebut. Rasa yang ditawarkan pindang serani merupakan campuran antara pedas dan gurih. Pindang serani cocok disantap dengan nasi hangat.

5. Kuluban

Kuluban ini merupakan saladnya Kabupaten Jepara. Bagi kamu yang ini mencicipi makanan ini bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional yang ada di Jepara.

Bumbu kelapa digunakan untuk penyajiannya. Jika dilihat, kuluban hampir mirip dengan urap. Sayur-sayuran yang terdapat pada kuluban adalah nangka muda, tauge, kacang panjang, duan kacang panjang dan petai.

Bumbu yang digunakan adalah garam, gula pasir, cabai merah, terasi sangrai, bawang putih, jeruk dan kencur.

Baca Artikel :   5 Jajanan Tradisional Jepara Yang Wajib Anda Coba, Siap Memanjakan Lidah Anda

6. Bongko Mento

Hidangan tersebut merupakan hidangan asal keraton Jepara. Bongko mento terdiri dari kulit risol yang sudah diisi dengan dada ayam suwir. Suwiran daging tersebut lalu dicampur dengan jamur kuping, soun, dan santan. Kemudian, kulit risol tersebut dibungkus dengan daun pisang yang menghasilkan aroma yang nikmat.

7. Lontong Krubyuk Jepara

Lontong Krubyuk Jepara termasuk jenis Kuliner Jepara ini sangat unik. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu makan siang. Nama lontong krubyuk diambil dari kata ngrubyuk yang berarti melewati genangan air. Sesuai dengan namanya, lontong krubyuk disajikan dengan kuah yang banyak.

Yang membedakan lontong krubyuk dengan menu lontong pada umumnya adalah terdapat suwiran daging ayam semur yang disiram dengan kuah bakso. Tidak lupa pelengkap berupa kecap dan bawang goreng.

8. Singit

Singit merupakan salah satu makanan khas Jepara yang terbuat dari daging sengkel yang dimasak dengan menggunakan berbagai macam bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, santan kecap manis, dan gula merah.

Makanan ini memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan rendang, tetapi perbedaanya singit memiliki bumbu yang bertekstur lebih encer serta daging yang dipakai dalam singit ialah bagian sengkel dari sapi. Singit umum dijajakkan dengan harga Rp 20.000,- untuk tiap porsinya.

9. Opor Panggang Jepara

Makanan khas Jepara yang satu ini dapat dikatakan cukup unik, yakni opor panggang. Hal yang membedakan opor panggang dengan opor pada umumnya ialah proses pemasakannya.

Daging yang akan dijadikan sebagai opor, dimasak terlebih dahulu dengan cara dipanggang supaya menambah aroma smoky yang khas.

Daging yang umum digunakan sebagai opor panggang ialah daging ayam kampung serta dibumbui menggunakan bawang, santan, dan daun jeruk.

Baca Artikel :   5 Minuman Khas Jepara Yang Perlu Anda Coba, Siap Segarkan Tenggorokan Anda

Opor panggang disajikan menggunakan mangkuk dengan karbohidrat berupa lontong atau ketupat

Nah itulah 6 makanan khas jepara yang terkenal dan selalu diburu oleh para wisatawan yang melancong ke sana. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

Tags: , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

9 Makanan Khas Jepara Yang Unik dan Wajib Anda Coba, Siap Membuat Lidah Anda Bergoyang

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

9 Makanan Khas Jepara Yang Unik dan Wajib Anda Coba, Siap Membuat Lidah Anda Bergoyang

Don`t copy text!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: