Beranda » Blog » Batik Medan – Sejarah, Keunikan dan Ragam Motif Batik Khas Yang Menggambarkan Suku di Sumatra utara

Batik Medan – Sejarah, Keunikan dan Ragam Motif Batik Khas Yang Menggambarkan Suku di Sumatra utara

Diposting pada 23 January 2024 oleh griyatenun / Dilihat: 31 kali

Batik Medan – Sejarah, Keunikan dan Ragam Motif Batik Khas Yang Menggambarkan Suku di Sumatra Utara

Mengenal Batik Medan Medan merupakan salah satu kota yang menjadi ibu kota provinsi sumtara utara. Provinsi Sumatra utara sendiri sangat identik dengan orang batak. Nah salah satu kerajinan khas suku batak di sumatra utara adalah kain ulos. Ulos merupakan nama lain dari kain yang menjadi sebutan orang-orang sumatra utara. pembuatan ulos sama halnya seperti pembuatan kain songket yaitu menggunakan alat tenun.

Selain kain ulos, Ternyata Medan juga memiliki kain khas lain yang tidak kalah istimewa yakni batik medan. meskipun batik bukan merupakan kebudayaan orang batak namun beberapa tahun belakangan batik mulai berkembang di sumatra utara. Batik medan hadir dengan beberapa jenis motif batik yang menjadi kebanggaan masyarakatnya.

Batik Medan

Sejarah Batik Medan

Sepengetahuan penulis tidak seperti Jawa yang sudah punya Batik dari zaman dahulu, Medan baru beberapa tahun belakangan mengembangkan batik. Walaupun batik bukanlah budaya orang Batak namun Medan sebagai salah satu kota yang memiliki tingkat heterogenitas yang tinggi juga perlahan mulai memiliki batik etnik.

Keunikan Batik Medan

Motif batik Medan atau Sumatra Utara berbeda dengan motif batik yang ada di pulau jawa atau daerah lain yang biasanya di dominasi dengan motif tumbuhan dan hewan.

Motif batik medan menggambarkan suku di Sumatra utara dan mengambil corak pada kain ulos batak yang ada. Ulos merupakan nama lain dari kain yang menjadi sebutan orang-orang sumatra utara. pembuatan ulos sama halnya seperti pembuatan kain songket yaitu menggunakan alat tenun.

Baca Artikel :   Mengenal Batik Riau - Sejarah, Karakteristik, Ragam Motif dan Makna Kain Yang Menggambarkan Filosofi Alam dan Nilai-Nilai Agama Islam

Sama halnya dengan batik yang berasal dari tanah Jawa, Medan juga memiliki Batik Tulis dan Batik Cap. Dan jelas batik tulis dari daerah yang terkenal dengan buah Durian ini lebih mahal di banding batik cap-nya, karena tingakat kesulitan dan waktu pengerjaannya yang lebih lama di banding batik cap.

Ragam Motif Batik Medan

Sama halnya dengan batik dari berbagai daerah, Batik Medan juga memiliki ciri khas tersendiri dan diambil dari tiap suku yang ada di Sumatera Utara. Motif batik-nya disesuaikan dengan etnis Batak yang ada di Sumatera Utara, yaitu Batak Mandailing, Batak Toba (Tapanuli Utara), Batak Tapanuli Tengah, Batak Karo, Batak Simalungun dan Batak Pakpak Dairi.

Beberapa motif batik Medan atau Sumatra Utara:

  • Motif hari hara sundung dilangit yang merupakan ciri khas dari suku batak toba
  • Motif pani patunda dari simalungun
  • Motif mataniari dari batak mandaling
  • Motif Gorga sitompi
  • Motif itik pulang petang
  • Motif semut beriring

Demikianlah informasi tentang batik medan, Sumatra utara. Dalam artike tersebut kita telah mengulas tentang sejarah batik medan, keunikan batik medan dan ragam motif batik medan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Batik Medan – Sejarah, Keunikan dan Ragam Motif Batik Khas Yang Menggambarkan Suku di Sumatra utara

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Batik Medan – Sejarah, Keunikan dan Ragam Motif Batik Khas Yang Menggambarkan Suku di Sumatra utara

Don`t copy text!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: