Beranda » Blog » Inilah 20+ Istilah Dalam Dunia Fashion Yang Wajib Anda Tau

Inilah 20+ Istilah Dalam Dunia Fashion Yang Wajib Anda Tau

Diposting pada 4 September 2023 oleh griyatenun / Dilihat: 83 kali

Inilah 20+ Istilah Dalam Dunia Fashion Yang Wajib Anda Tau

Istilah Dunia Fashion Bidang fashion memang selalu lekat dengan istilah-istilah asing yang kadang tak bisa diterjemahkan bahasa Indonesia sehingga sulit untuk dipahami. Tak jarang kita mendengar satu istilah baru dengan ejaan dan pengertian yang kurang dimengerti.

Berikut ini griyatenun.com akan merangkum istilah-istilah yang sangat familiar dalam dunia fashion yang wajib Sahabat ketahui. Simak pembasan lengkapnya, yuk!.

Dunia Fashion

1. Timeless fashion

Timeless fashion Yaitu model pakaian yang tidak pernah ketinggalan jaman.

2. Clique

Dilansir dari laman Wikipedia, clique adalah sekelompok orang yang tidak mudah mengizinkan orang lain untuk bergabung dengan mereka. Di ruang lingkup mode, clique mengacu pada satu kelompok orang yang sangat sadar mode dan memiliki selera gaya yang sama

3. Cheugy

Arti dari kata satu ini cukup mengejutkan sih. Cheugy berarti gaya berpakaian yang ketinggalan jaman atau tidak modis.

4. Chic

Seperti halnya casual, chic juga sebuah istilah fashion yang berkaitan dengan gaya berpakaian. Kata ‘Chic’ sendiri berasal dari bahasa Perancis yang berarti anggun dan terampil. Chic fashion akan menjadikan seseorang terlihat stylish dengan gayanya sendiri. Gaya chic menggambarkan seseorang yang tetap modis tanpa mengikuti tren-tren yang sedang berkembang saat itu.

Selera berpakaian seorang fashion chic ini sangat bebas dan tidak terikat. Sekilas mungkin terlihat asal-asalan tapi entah kenapa penampilannya justru lebih unik dan tetap nyaman dipandang.

5. Cosplay

Arti dari cosplay menurut kamus bahasa Inggris yaitu permainan kostum. Aslinya cosplay adalah gabungan dari kata ‘custome’ dan ‘play’. Istilah ini mengacu pada penggunaan kostum yang menyerupai tokoh atau karakter tertentu dalam film kartun, anime ataupun tokoh-tokoh film lainnya.

6. Casual

Casual merupakan sebuah gaya berpakaian yang dipakai pada waktu-waktu santai. Gaya kasual biasanya identik dengan pakaian bermodel simpel seperti kaos, celana jeans, flat shoes dan sepatu sneakers.

7. Oversized

Istilah satu ini tentu sudah tidak asing lagi untuk para penggemar kaos. Oversized adalah sebutan untuk pakaian yang longgar atau model pakaian yang melebihi ukuran tubuh pemakainya. Kaos oversized sempat menjadi sebuah trend berbusana kaum milenial baik laki-laki maupun perempuan.

8. Edgy

Istilah edgy style merujuk pada gaya berpakaian yang terkesan tajam dan berkarakter “garang”. Biasanya orang-orang yang menyukai style edgy lebih suka memakai pakaian dengan warna-warna gelap seperti hitam. Mulai dari baju, celana, outer hingga aksesoris-aksesoris lainnya.

9. Avant garde

Istilah satu ini mungkin masih sedikit asing yaa, Sobat. Dalam bahasa Indonesia, ‘avant garde’ biasanya digunakan untuk menyebut seseorang atau suatu karya yang unik dan sering dianggap tidak wajar. Baik dari segi desain maupun teknik pengerjaannya. Avant garde juga merupakan suatu bentuk apresiasi dan penghormatan terhadap satu budaya, seni maupun politik.

Lady Gaga adalah salah satu seleb dunia yang kerap tampil dengan busana-busana avant garde dengan bentuk dan desain yang out of the box serta antimainstream.

10. Monochrome

Masih seputar gaya berpakaian, monochrome adalah satu mode fashion yang hanya mengandalkan dua warna, yaitu hitam dan putih. Gaya berpakaian satu ini menampilkan kesan fashion yang simpel.

11. Outfit

Dilihat dari asal bahasanya, istilah outfit berasal dari bahasa inggis dan memiliki arti ‘pakaian’. Jadi, outfit mencakup semua item fashion yang sedang digunakan. Dewasa ini banyak orang lebih suka dengan kata OOTD.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, OOTD itu apa sih? Sebenarnya OOTD adalah singkatan dari Outfit of The Day. OOTD kerap digunakan untuk menjelaskan item fashion yang dipakai hari itu atau saat itu juga.

12. Boyfriend style

Pernah mendengar istilah jeans boyfriend? Kira-kira kenapa namanya boyfriend sih? Jadi, sebenarnya model celana wanita ini memang terinspirasi dari boyfriend (pacar). Celana boyfriend adalah gaya pakaian laki-laki yang disesuaikan dengan perempuan sehingga cocok saat dikenakan.

13. Vintage

Vintage menggambarkan gaya berpakaian ala tahun 70-an dan 80-an. Gaya vintage sangat erat kaitannya dengan model pakaian yang berkembang di era tahun 70an dan 80an seperti baju kodok, kemeja oversize yang di stel dan masih banyak lagi.

14. Classy

Classy adalah istilah bahasa Inggris yang artinya berkelas. Gaya berpakaian classy selalu identik dengan barang-barang mewah yang kerap digunakan oleh orang-orang kelas atas.

15. Retro

Istilah retro berasal dari kata retrospective yang merujuk pada barang-barang kekinian yang terinspirasi dari barang-barang zaman dulu. Saat ini banyak model pakaian masa yang dimodifikasi dan dipadukan dengan aksen atau desain pakaian dari era sebelumnya. Belakangan ini, gaya retro juga kerap digunakan untuk menyebut item fashion yang sudah tidak lagi tren dengan umur dibawah 20 tahun.

16. Street Wear

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, street wear berarti pakaian jalanan. Dalam konteks ini, street wear dapat diartikan sebagai gaya khas fashion jalanan. Style street wear ini tak jauh berbeda dengan gaya casual yang berfokus pada baju-baju santai seperti kaos oblong, topi, sepatu kets, celana jeans serta pakaian luar (outer).

17. Fashionista

Istilah satu ini bukan lagi tentang gaya fashion ya Sobat. Fashionista adalah sebutan untuk orang-orang yang terjun dalam dunia fashion. Bukan hanya desainer saja, tetapi juga model, fotografer, fashion writer, pengamat fashion dan semua orang yang berkecimpung dalam industri fashion.

18. Bohemian style (Boho)

Boho style adalah gaya berpakaian tidak konvensional yang terinspirasi dari pengaruh kaum bohemian dan hippie. Boho chic adalah gaya bohemian fashion yang banyak diikuti oleh para selebriti dan sosialita dunia.

19. Outwear

Outwear dapat diartikan sebagai busana luar yang berfungsi sebagai pelengkap gaya serta penampilan. Outwear kerap digunakan untuk menyebut model-model baju luaran seperti cardigan, blazer, mantel, jaket dan lain sebagainya.

20. Fashion subculture

Ada lagi istilah fashion subculture yang merujuk pada sekelompok masyarakat yang membawa pengaruh besar terhadap mode dan gaya berbusana. Dalam hal ini pakaian merupakan bagian dari cerminan sikap dan keyakinan subkultur mereka. Seperti halnya rock, hip-hop, bohemian, rock, gothic, punk dan masih banyak lagi.

21. Layering

Berikutnya ada istilah layering yang memiliki arti berlapis-lapis. Dalam dunia mode, layering berarti menumpuk yaitu memadukan beberapa model pakaian secara sekaligus agar terlihat lebih stylish.

22. Fashion icon

Nah, kalau kata satu ini adalah sebutan untuk seseorang yang menjadi terkenal karena penampilannya yang selalu modis dan dikagumi banya orang. Fashion icon dunia yang paling terkenal yaitu Kate Middleton, Priyanka Chopra, Harry Styles dan Victoria Beckham.

23. Fashion forecast

Fashion trend and forecast merupakan suatu metode yang digunakan untuk memprediksi mode, gaya atau style yang akan populer di masa mendatang.

24. Androgynous style

Tau nggak kenapa gaya berpakaian kaum wanita jauh lebih banyak dibandingkan kaum pria? Yaps, karena perempuan bisa bebas berekspresi termasuk menggunakan gaya busana pria. Hal ini tentu sangat berbanding terbaik dengan para pria ya, Sobat.

Alasan inilah yang memunculkan istilah ‘androgynous style’ yaitu fashion style wanita yang terinspirasi dari gaya berpakaian seorang pria. Gaya berpakaian satu ini kerap kali menyulitkan seseorang untuk menebak gender si pemakai. Celana boyfriend, blazer dan sepatu kets adalah beberapa contoh item fashion yang termasuk androgynous style.

Nah, itulah beberapa istilah dalam dunia fashion yang begitu populer dan wajib kamu tau. Sudah tidak penasaran lagi kan?

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Inilah 20+ Istilah Dalam Dunia Fashion Yang Wajib Anda Tau

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Inilah 20+ Istilah Dalam Dunia Fashion Yang Wajib Anda Tau

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: