Beranda » Blog » 3 Keistimewaan Kain Tenun NTT, Kain Tenun Premiun Yang Harganya Capai Puluhan Juta

3 Keistimewaan Kain Tenun NTT, Kain Tenun Premiun Yang Harganya Capai Puluhan Juta

Diposting pada 17 April 2023 oleh griyatenun / Dilihat: 99 kali

3 Keistimewaan Kain Tenun NTT, Kain Tenun Premiun Yang Harganya Capai Puluhan Juta

Keistimewaan kain Tenun NTT – Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki keindahan alam dan warisan budaya yang banyak. Di tempat itulah ada warisan budaya berupa kemampuan membuat kain yang disebut dengan menenun.

Dari menenun, masyarakat menghasilkan kain yang disebut tenun dan menjadi ciri khas dari NTT. Bahkan kain tenun dari NTT menjadi hal yang sangat istimewa hingga dihargai puluhan juta setiap meternya.

Harga mahal itu dipatok untuk jenis kain yang memang asli buatan tangan dengan bahan yang berkualitas. Untuk membuat sebuah kain tenun, diperlukan proses panjang hingga menghasilkan kain dengan motif yang cantik.

Kain tenun NTT

Berikut ini adalah 3 keistimewaan kain tenun  NTT yang dihargai malah hingga puluhan juta.

1. Dibuat dari Kapas Asli

Keistimewaan kain tenun NTT yang pertama adalah bahan-bahan yang digunakan. Tenun yang dijual dengan harga mahal biasanya masih dibuat secara manual tanpa bantuan mesin modern. Bahkan bahan benang yang digunakan pun dipintal sendiri dari kapas secara tradisional.

Kapas yang digunakan pun tidak jarang merupakan hasil tanam warga NTT sendiri. Jadi dari kapas itulah, pengrajin tenun memintalnya menjadi benang yang nantinya diolah lagi menjadi kain. Proses pemintalan benang secara tradisional ini membuat ukuran benang bisa berbeda-beda setiap pintalan. Hal inilah yang membuat kain tenun sering kali memiliki motif yang tidak simetris.

2. Pewarna Alami

Setelah semua benang yang dibutuhkan siap, benang akan diberikan pewarna sebelum ditenun. Proses pewarnaan memang dilakukan saat masih dalam keadaan benang, sehingga motif terbentuk saat ditenun dari warna yang berbeda-beda. Hal yang menjadi istimewa dari kain tenun adalah proses pewarnaan yang masih menggunakan bahan alami.

Kain tenun yang mahal biasanya menggunakan pewarna alami seperti daun Ru Dao untuk menghasilkan warna nila, akar pohon Ka’bo untuk memberikan warna merah, kunyit untuk warna kuning, dan ada juga daun Menkude yang juga berikan warna kuning. Penggunaan pewarna alami itu membuat corak kain menjadi berbeda.

3. Dibuat Tanpa Mesin Modern

Proses pembuatan kain tenun ini pun juga cukup unik dengan menggunakan alat tradisional yang disebut dengan Lana Her’ru. Untuk membuat sebuah kain, benang-benang akan disusun di mesin tenun tersebut. Karena disusun dari benang secara bertahap, maka proses pembuatan kain tenun menjadi cukup lama.

Setiap warna berbeda pun akan disusun untuk membentuk motif pada kain. Itulah yang membuat kain tenun dihargai cukup mahal karena proses pembuatan dan bahan yang digunakan.

Namun kini, sudah ada beberapa kain tenun dengan harga lebih murah dengan motif yang khas. Tapi tentunya tenun dengan harga yang murah tidak sepenuhnya dibuat dari bahan alami.

Demikianlah informasi tentang keistimewaan tenun NTT, kain tenun premium yang dikenal memiliki nilai jual hingga puluhan jutaan rupiah tiap meternya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita tentang kain tenun. Terima kasih.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

3 Keistimewaan Kain Tenun NTT, Kain Tenun Premiun Yang Harganya Capai Puluhan Juta

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

3 Keistimewaan Kain Tenun NTT, Kain Tenun Premiun Yang Harganya Capai Puluhan Juta

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: