Butuh Bantuan? Customer service Griyatenun.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Batik Jambi – Sejarah, Ciri Khas, Ragam Motif dan Makna serta Penjelasannya

Mengenal Batik Jambi – Sejarah, Ciri Khas, Ragam Motif dan Makna serta Penjelasannya

Diposting pada 12 October 2023 oleh griyatenun | Dilihat: 52 kali

Mengenal Batik Jambi – Sejarah, Ciri Khas, Ragam Motif dan Makna serta Penjelasannya

Mengenal Batik Jambi Batik Jambi merupakan salah satu jenis batik Indonesia yang kaya akan sejarah dan keunikan. Jambi ini merupakan salah satu daerah yang turut serta dalam partisipasi dan menyebarluaskan kekayaan model baju batik tradisional khas Indonesia dimana pemerintah Jambi turut berperan menjadi penggerak utama dalam melestarikan budaya batik ini.

Batik Jambi telah ada sejak zaman kerajaan di Sumatra dan terus berkembang hingga saat ini. Batik Jambi memiliki ciri khas pada motifnya yang kental dengan nuansa klasik dan tradisional.

Seiring dengan perkembangan zaman, Batik Jambi juga mengalami perubahan yang signifikan. Kini, Batik Jambi tidak hanya dipakai pada acara adat, namun juga dapat digunakan dalam berbagai acara formal dan non-formal, seperti pernikahan, acara resmi, dan sehari-hari.

Batik Jambi

Sejarah Batik Jambi

Berdasarkan catatan yang ada, sejarah batik Jambi berasal dari masa kesultanan Melayu di Jambi. Belum diketahui tanggal dan tahun pasti kapan kesenian membatik mulai lahir di Jambi. Motif utama batik Jambi berupa flora dan fauna.

Dulu, batik hanya digunakan oleh keluarga sultan saja. Hal itu disebabkan karena dulu masih sangat jarang orang yang mampu membuat seni kerajinan batik Jambi. Selain itu, penyebaran batik Jambi juga kurang diperhatikan sehingga terjadi kesenjangan sosial antara masyarakat bangsawan dan rakyat biasa.

Hingga pada akhirnya ketika masa pemerintahan Soeharto sekitar tahun 1980-an, batik Jambi mulai dikembangkan dengan pemerintah Jambi sebagai motor penggerak utama dengan melakukan pembinaan kepada masyarakat guna menggeliatkan kembali budaya batik khas Jambi.

Ciri Khas Batik Jambi

Salah satu keunikan pada Batik Jambi adalah motifnya yang berdiri sendiri dan tidak membentuk suatu rangkaian. Jika dilihat secara umum, ragam hias batik Jambi adalah suatu kesenian dari elemen-elemen yang terdiri dari titik, warna, dan tekstur.

Kombinasi elemen tersebut kemudian mewujudkan keindahan melalui pengulangan, pusat perhatian, keseimbangan, dan kekontrasan yang mempunyai bobot kultur setempat, opini, dan nilai-nilai filosofis.

batik jambi

Ragam dan Makna Motif Batik Jambi

Batik Jambi merupakan salah satu jenis batik yang memiliki ragam motif yang kaya akan sejarah dan filosofi.

Setiap motif Batik Jambi memiliki cerita dan makna yang terkait dengan kehidupan masyarakat Jambi dan kawasan sekitarnya. Berikut ini beberapa ragam motif Batik Jambi yang dapat ditemukan:

1. Motif Angso Duo

Salah satu motif batik Jambi yang paling terkenal adalah motif angso duo. Motif ini memiliki penggambaran dua ekor hewan angsa yang sedang berhadapan atau beriringan pada beberapa modifikasi motif lainnya.

Makna yang terkandung di dalam motif ini adalah bahwa setiap orang harus selalu berusaha untuk mencari tempat yang lebih baik. Manusia juga diajarkan untuk hidup selaras dan harmonis dengan sesama. Motif ini juga memiliki makna agar manusia selalu bersikap gigih dan sabar dalam berusaha.

2. Motif Kapal Sanggat

motif ini menggambarkan kapal yang sedang berlayar. Pesan yang terkandung pada motif ini adalah “berlayar sampai ke pulau, berjalan sampai ke tujuan” yang artinya kita tidak boleh mengerjakan sesuatu setengah-setengah, harus diselesaikan hingga tuntas.

Makna lain dari motif ini juga terlihat dari tiang kapal yang digambarkan terbalik dan tidak beriringan dengan bentuk kapal. Hal ini memiliki makna bahwa sebaiknya kita harus tetap waspada dalam mengerjakan sesuatu agar tidak menyebabkan malapetaka di kemudian hari.

3. Motif Durian Pecah

motif ini menggambarkan buah durian yang terpecah menjadi dua bagian. Selain durian, motif ini memiliki ornamen berupa hiasan resam, daun pakis, dan bunga kangkung.

Makna filosofis yang terkandung pada motif ini adalah pemimpin harus memiliki sifat amanah, tegas dalam perilaku dan ucapan, serta memberikan manfaat bagi orang banyak.

4. Motif Kaca Piring

Kaca piring diambil dari motif bunga jeruk bercabang namun terjadi kesalahan saat menarik canting, sehingga motifnya lebih mirip dengan bunga kaca piring.

Makna filosofis yang terkandung dalam motif ini adalah supaya manusia senantiasa tegar dalam menjalani kehidupan dan menggambarkan hati yang bersih.

5. Motif Batanghari

Motif ini dilukiskan menggunakan berbagai detail seperti gunung, aliran sungai, flora dan fauna. Motifnya berbentuk sulur tanaman yang membentang dari bawah ke bagian atas yang terinspirasi dari lekukan Sungai Batanghari.

Makna filosofis yang terkandung di dalam motif ini adalah mengajarkan manusia agar tidak mudah menyerah dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan. Kita harus mampu mencari jalan keluar dari setiap permasalahan seperti aliran sungai yang mengalir dari hulu ke hilir.

6. Motif Bungo Melati

Motif Bungo Melati terinspirasi dari Bunga Melati yang dipercayai memiliki aroma yang harum dibanding bunga lainnya.

Makna filosofis dari motif ini adalah agar manusia selalu bersyukur untuk menghilangkan rasa iri dan dengki. Selain itu, kita juga tidak boleh memaksakan kehendak pada orang lain dan tidak boleh memiliki sifat sombong.

7. Motif Tampuk Manggis

Motif tampuk manggis terinspirasi dari buah manggis yang banyak dijumpai di daerah Jambi. Jumlah ornamen dari luar dan dalam kurungan pada motif harus sama.

Hal tersebut menggambarkan sifat masyarakat Jambi yang jujur dan terbuka. Warna kulit manggis yang hitam kemerahan dan isinya yang berwarna putih menyimbolkan bahwa jangan menilai sesuatu hanya dari luarnya saja.

Demikianlah informasi tentang batik khas jambi. Batik khas jambi dikenal memiliki corak motif yang unik yakni motifnya berdiri sendiri dan tidak membentuk rangkaian. Semoga bermanfaat.

 

Bagikan informasi tentang Mengenal Batik Jambi – Sejarah, Ciri Khas, Ragam Motif dan Makna serta Penjelasannya kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Batik Jambi – Sejarah, Ciri Khas, Ragam Motif dan Makna serta Penjelasannya | GriyaTenun.com

Belum ada komentar untuk Mengenal Batik Jambi – Sejarah, Ciri Khas, Ragam Motif dan Makna serta Penjelasannya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 10%
Sepatu Tenun Flat STF002

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 280.000 Rp 310.000
Tersedia
Rp 280.000 Rp 310.000
Stok: Tersedia
OFF 15%
Kain Tenun Kamen KM007

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Kamen KM 007Rp 72.000 Rp 85.000
Tersedia / KM 007
Rp 72.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
Kode: KM 007
OFF 93%
Kain Tenun Rangrang – RR 004

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

tenun rangrang RR 004Rp 100.000 Rp 1.350.000
Tersedia / RR 004
Rp 100.000 Rp 1.350.000
Stok: Tersedia
Kode: RR 004
OFF 15%
Kain Tenun Baron Jepara – BR002

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Baron Jepara BR 002Rp 182.000 Rp 215.000
Tersedia / BR 002
Rp 182.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
Kode: BR 002
SIDEBAR
Don`t copy text!