Beranda » Blog » Mengenal Batik Jember – Sejarah, Ciri Khas, Ragam Motif, dan Sentra Batik Jember dan Penjelasannya

Mengenal Batik Jember – Sejarah, Ciri Khas, Ragam Motif, dan Sentra Batik Jember dan Penjelasannya

Diposting pada 7 October 2023 oleh griyatenun / Dilihat: 167 kali

Mengenal Batik Jember – Sejarah, Ciri Khas, Ragam Motif, dan Sentra Batik Jember dan Penjelasannya

Mengenal Batik Jember – Jember merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso ini merupakan pusat regional di kawasan timur tapal kuda.

Selain terkenal sebagai penghasil tembakau, Kabupaten Jember ternyata juga mengembangkan Batik khasnya sendiri sebagai salah satu identitas dari kabupaten ini daerah ini, walaupun batik Jember kalah terkenal dengan batik-batik lainnya yang ada di pulau Jawa.

Nama Batik Jember ditujukan untuk membumikan Jember sebagai suatu daerah sentra baru penghasil batik tulis di Jawa Timur, selain yang telah dikenal sebagai daerah penghasil tembakau terkemuka.

Batik Jember

Sejarah Batik Jember

Menurut sejarahnya, batik di Jember sudah ada sejak jaman Belanda atau saat batik Van Zuylen aka batik pekalongan populer di eropa.

Sejarah tidak pernah mencatat kapan awal mula kegiatan membatik di kota jember ini, tapi yang jelas mulai tahun 2010 produsen batik Rolla mengangkat kembali motif batik jember yang pada akhirnya ditahbiskan menjadi batik jember.

Motif batik Jember buatan mereka tidak lagi mengikuti tata aturan motif batik seperti pada motif batik Solo, batik Jogja maupun batik Pekalongan namun lebih mengarah suatu motif yang bebas dan kontemporer.

Secara turun temurun motif batik daun tembakau mulai dari ukuran kecil sampai ukuran besar selalu menjadi komponen utama dalam membuat motif-motif batik kombinasi terbaru guna memenuhi selera pasar yang beragam oleh perajin batik di Kecamatan Sumberjambe tersebut.

Sebagian besar perajin batik di desa sumberpakem adalah perempuan disamping sebagai buruh tani. Sekitar 33 motif batik tulis pernah dipamerkan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Jember melalui salah satu situs jejaring sosial media, diman tujuh motif batik diantaranya didesain langsung oleh ibu Sri Wahyuni yang merupakan istri dari Bupati Jember.

Batik jember

Ciri Khas Batik Jember

Batik Jember dapat dikenali dengan ciri khas yaitu bermotif daun tembakau. Daun yang dijuluki daun emas tersebut dilukis diatas sehelai kain hingga menampilkan kekhasan tersendiri. Motif-motif cantik, warna beraneka ragam dan keindahan perpaduannya memberikan nilai tersendiri. Hingga banyak peminatnya baik dari masyarakat Jember maupun dari luar Jember.

Kecamatan Sumberjambe dikenal sebagai daerah penghasil batik khas Jember. Daerah yang berada di sisi timur kota Jember tersebut terdapat banyak sanggar-sanggar batik. Warga masyarakat disana dikenal memiliki keluwesan dalam membuat motif nan cantik.

batik jember

Ragam Motif Batik Jember

Motif Batik Jember umumnya banyak terinspirasi dari potensi sumber daya alam yang ada di Kabupaten Jember, yaitu seperti kakao, tembakau, kopi, bambu, buah naga, burung dan kupu-kupu.

Namun motif bergambar daun tembakau menjadi ciri khas yang paling dominan diantara motif lainnya. Motif batik ini memanglah bukan motif batik standar dan merupakan batik kreasi yang tidak pernah diajarkan secara turun temurun oleh para pengrajin batik, namun sejak zaman dahulu motif tembakau pada batik jember ini merupakan ciri khas utama.

Motif Batik khas Jember saat ini tidak lagi mengikuti pakem motif batik seperti halnya motif batik di Jogja, Solo, dan juga Pekalongan, namun lebih mengarah ke motif bebas serta kontemporer.

Motif Batik Jember umumnya juga ditentukan oleh selera pasar serta tren budaya lokal yang sedang berkembang. Misalnya seperti motif JFC (Jember Fashion Carnaval), yaitu motif yang terinspirasi dari kegiatan JFC yang diselenggarakan setiap tahunnya di Kabupaten Jember.

Adapun motif yang mengikuti keinginan para pembeli diantaranya adalah seperti motif payung fantasi, ayam bekisar, perahu layar, dan kereta api. Jumlah motif Batik Jember yang sudah diciptakan saat ini sudah cukup banyak. Lebih dari 50 motif yang sudah dibuat dengan beraneka ragam nama motif yang mengikutinya.

Konsep dari batik Jember yaitu “one desain one product”, membuat batik jember ini menciptakan motif-motif baru dan berbeda dengan motif-motif khas Jember sebelumnya.

Sentra Batik Jember

Sentra batik jember berada di Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe dan kelurahan Jemberlor Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jatim.

Saat ini masyarakat diluar jember belum banyak mengenal batik jember karena masih kalah populer dengan batik solo, batik yogyakarta dan batik madura, tapi mereka selalu melakukan inovasi dalam pembuatan motif batik nya, salah satunya dengan menambahkan ragam motif batik jember seperti buah cokelat, biji kopi, juga buah naga.

Salah satu produsen batik yang juga menjadi pioneer batik jember mempunyai cita-cita untuk membangun kampung batik di wilayah patrang dan menjadikan Kabupaten Jember sebagai kota batik tulis terbesar di propinsi Jawa Timur.

Demikianlah informasi tentang batik jember, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. terima kasih.

 

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Mengenal Batik Jember – Sejarah, Ciri Khas, Ragam Motif, dan Sentra Batik Jember dan Penjelasannya

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Mengenal Batik Jember – Sejarah, Ciri Khas, Ragam Motif, dan Sentra Batik Jember dan Penjelasannya

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: