Butuh Bantuan? Customer service Griyatenun.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Kain Tenun Papua – Kain Tenun Khas Papua Yang Terinspirasi Dari Keindahan Alam dan Keragaman Budaya di Tanah Papua

Mengenal Kain Tenun Papua – Kain Tenun Khas Papua Yang Terinspirasi Dari Keindahan Alam dan Keragaman Budaya di Tanah Papua

Diposting pada 27 November 2023 oleh griyatenun | Dilihat: 61 kali

Mengenal Kain Tenun Papua – Kain Tenun Khas Papua Yang Terinspirasi Dari Keindahan Alam dan Keragaman Budaya di Tanah Papua

Mengenal Tenun Papua – Papua tidak hanya dikenal dengan keindahan alam saja. Ada kerajinan wastra yang unik dari daerah bagian Timur Indonesia ini. Kain tenun Papua dikenal memiliki unsur keindahan yang memukau bagi siapa pun yang melihatnya. Maka tak jarang para wisatawan yang berkunjung ke Papua membawa kain khas ini untuk oleh-oleh maupun kenang-kenangan.

Kain tenun Papua biasanya terinspirasi dari keindahan alam Papua. Mulai dari pola flora yang ada di Papua sampai burung Cenderawasih sebagai hewan endemik khas Papua. Setiap motif yang tertuang dalam kain tenun Papua ini memiliki makna yang berbeda. Warna dan corak tenun yang khas mencirikan identitas daerah tertentu di Tanah Mutiara Hitam.

Mengenal Tenun Papua

 

Ragam Motif Tenun Papua

Karena keindahan pulau Papua yang sangat kaya, maka tidak heran jika, kbisa menemukan banyak motif kain tenun Papua yang beragam yang terinspirasi dari keindahan alam dan ragam budaya yang ada di tanah papua.

Berikut ini adalah ragam motif yang terdapat dalam kain tenun papua. Berikut ulasannya :

1. Motif Cenderawasih
Salah satu motif kain khas Papua yang sangat populer dan diminati adalah motif cendrawasih. Burung cendrawasih menjadi ikon Papua yang memiliki julukan “Bird of Paradise” karena keindahan bulu dan ekornya tidak tertandingi. Motif kain khas Papua ini menonjolkan kecantikan burung cendrawasih dan alat musik Tifa.

Warna-warna kainnya didominasi hijau, merah, dan kuning keemasan. Kain bermotif burung cendrawasih yang gagah memberikan kesan tegas pada pemakainya.

2. Motif Asmat
Motif Asmat termasuk kain khas Papua yang sangat diminati. Namanya diambil dari suku asli penghuni Bumi Cendrawasih. Kain ini umumnya didominasi corak ukiran khas suku Asmat, seperti patung-patung duduk kayu.

Warna kain tenun dengan motif asmat ini pun memiliki ciri khas tersendiri, lebih cokelat dengan campuran warna tanah dan terakota (merah kecokelat-cokelatan).

Kain tenun Papua dengan motif asmat ini bisa dipakai untuk acara sehari-hari dan dipadukan dengan pakaian santai lainnya. Warna cerah yang pas dengan kulit orang Indonesia ini semakin eksotis ketika dipakai.

3. Motif Tifa Honai
Kain tenun dengan motif Tifa Honai ini, memiliki makna filosofis yang mendalam, yakni rumah yang penuhi dengan kebahagian. Terinspirasi dari keindahan tanah Papua, seperti sumber mata air dan pemandangannya yang indah.

Selain itu, Tifa merupakan alat musik Sali dari tanah Papua. Kekhasan batik ini terletak pada motifnya yang terlihat anggun dan menarik yang menyemarakkan penampilan. Kain tenun papua dengan motif bisa mengenakannya untuk aktivitas sehari-hari karena warnanya yang cerah dan meningkatkan mood.

4. Motif Prada
Kain tenun khas Papua dengan motif Prada menawarkan kemewahan dan kemegahan dengan sentuhan garis-garis emas. Kain ini biasanya juga dikombinasi warna hitam dan merah, sehingga menambah kesan anggun dan mahal.

Model yang berkelas menjadikan kain ini, paling mahal dan indah dari Papua. Produksinya menggunakan kualitas benang terbaik yang berbahan dasar sutra.

Kadang pembuatannya menggunakan bahan kain santung yang sangat mirip dengan sutra dan katun. Tak heran jika kain tenun prada ini memiliki kesan lembut dan anggun.

Karena menggunakan bahan-bahak eksklusif, maka tidak heran jika motif Prada termasuk yang paling mahal dibanding kain tenun Papua lainnya.

tenun papua

5. Motif Kamoro
Kain tenun Papua dengan motif Kamoro memperkenalkan keindahan alam serta keunikan seni ukir Suku Kamoro. Motif kainnya tampak melambangkan simbol Patung Berdiri membawa tombak. Keunikannya terletak pada perbedaan gaya, ekspresi patung, baju atau aksesoris.

Warna-warnanya pun cenderung lebih cerah, seperti kombinasi biru dan hijau, hitam dan kuning, merah dan merah muda. Kain tenun Papua dengan motif Kamoro ini bisa menggunakannya di berbagai acara, baik formal maupun non formal karena warnanya yang indah.

6. Motif Sentani
Sentani adalah sebuah distrik yang juga merupakan ibukota dari Kabupaten Jayapura. Tidak hanya itu, namanya juga diabadikan pada salah satu kain Papua, lho.

Kain khas Papua dengan motif Sentani memiliki ciri khas gambar alur batang kayu yang melingkar-lingkar dengan jenis warna hanya 1-2 warna saja. Selain itu, ada pula motif variasi dengan sentuhan garis-garis emas.

Kain dengan motif Sentani menggambarkan tanah Papua yang masih subur dengan hutan-hutan lebat dan segala kekayaan alamnya.

Nah demikian nformasi seputar kain tenun Papua yang sangat menawan. Kain tenun papuan ini memancarkan cinta kasih manusia dengan alam sekitar. Selain itu, Kain tenun Papua ini membuat siapa pun yang memakainya terlihat semakin elegan dan anggun. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

 

 

 

Bagikan informasi tentang Mengenal Kain Tenun Papua – Kain Tenun Khas Papua Yang Terinspirasi Dari Keindahan Alam dan Keragaman Budaya di Tanah Papua kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Kain Tenun Papua – Kain Tenun Khas Papua Yang Terinspirasi Dari Keindahan Alam dan Keragaman Budaya di Tanah Papua | GriyaTenun.com

Belum ada komentar untuk Mengenal Kain Tenun Papua – Kain Tenun Khas Papua Yang Terinspirasi Dari Keindahan Alam dan Keragaman Budaya di Tanah Papua

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 17%
Kain Tenun Blanket Toraja – BK 007

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Blanket Toraja BK 007Rp 120.000 Rp 145.000
Tersedia / BK 007
Rp 120.000 Rp 145.000
Stok: Tersedia
Kode: BK 007
OFF 15%
Kain Tenun Kamen – KM005

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Kamen KM 005Rp 72.000 Rp 85.000
Tersedia / KM 005
Rp 72.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
Kode: KM 005
OFF 10%
Sepatu Tenun Flat STF001

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 280.000 Rp 310.000
Tersedia
Rp 280.000 Rp 310.000
Stok: Tersedia
OFF 24%
Kain Tenun Bulu Sutra BST007

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 950.000 Rp 1.250.000
Tersedia / BST007
Rp 950.000 Rp 1.250.000
Stok: Tersedia
Kode: BST007
SIDEBAR
Don`t copy text!