Butuh Bantuan? Customer service Griyatenun.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Tenun Aceh – Sejarah, Ciri khas dan Makna Motif Kain Tenun Dengan Motif Khas dan Syarat Makna Religius

Mengenal Tenun Aceh – Sejarah, Ciri khas dan Makna Motif Kain Tenun Dengan Motif Khas dan Syarat Makna Religius

Diposting pada 25 November 2023 oleh griyatenun | Dilihat: 57 kali

Mengenal Tenun Aceh – Sejarah, Ciri khas dan Makna Motif Kain Tenun Dengan Motif Khas dan Syarat Makna Religius

Mengenal Tenun Aceh – Tenun Aceh merupakan tenun tua yang sudah ada berabad-abad lalu. Tak hanya sekedar kerajinan tangan, motif-motif itu diciptakan untuk menjelaskan falsafah hidup masyarakat Aceh. Tenun aceh atau yang lebih dikebal songket aceh merupakan salah satu jens kain tenun tua yang dikenal memiliki corak yang khas.

Kain khas Aceh identik dengan motif berdasarkan sejarah dan cerita kebudayaan yang cukup umum di masyarakat. Selain itu, salah satu keunikan Kain tenun aceh adalah memiliki gemerlap dengan tampilan warna, corak, dan kilauan emas yang terpancar dari tenun yang dipakainya.

Mengenal Tenun Aceh

Sejarah Kain Tenun Aceh

Tenun Aceh merupakan tenun tua yang sudah ada berabad-abad lalu. Tak hanya sekedar kerajinan tangan, motif-motif itu diciptakan untuk menjelaskan falsafah hidup masyarakat Aceh.

Perkembangan tenun aceh atau songket aceh berasal dari masyarakat yang mendiami daerah Aceh Besar, Aceh Selatan, Pidie dan Aceh Barat. Ke empat wilayah tersebut merupakan sebuah bandar yang ramai dan sering menjadi tempat persinggahan para saudagar kaya dari mancanegara seperti Cina, India, Arab, Persia, Turki dan Siam.

Menurut beberapa infomasi, Siem adalah wilayah pertama yang mengembangkan kerajinan Tenun Aceh. Hasil proses menenun yang dikerjakan oleh para penenun yang dapat kita jumpai di Siem, Aceh Besar.

Salah satu sosok yang berjasa dalam perkembangan tenun aceh adalah Nyak Mu, Nyak Mu adalah seorang insan yang melegenda yang memperkenalkan kerajinan tenun ini keseluruh pelosok Indonesia. Nyak Mu adalah sosok pemberani dan gigih dalam melestasikan tenun aceh.

Ciri Khas Tenun Aceh

Salah satu jenis kain tenun aceh yang terkenal adalah tenun siem. Tenun Siem adalah tenun yang terkenal pertama kali pada waktu itu. Hal ini dikarenakan kain khas Aceh yang satu ini memiliki variasi warna, corak serta motif hias yang eksotis dan atraktif.

Jumlah motif pada tenun ini bisa mencapai 50 motif dengan berbagai warna yang cerah. Apalagi tenun Siem menggunakan benang sutra sebagai bahan baku utama, serta benang perak dan emas untuk membentuk motifnya.

songket aceh

Ragam Motif  Tenun Aceh

Motif tenun aceh yang diaplikasikan pada sehelai kain yang bukan hanya untuk hiasan, tapi juga mengandung makna yang filosofis. Ragam hias pada kain tenun juga menggambarkan keadaan lingkungan alam sekitar.

Berikut ini adalah Beberapa ragam motif yang terdapat pada kain tenun Aceh, berikut ulasannya.

1. Tenun Aceh Motif Bungong Kalimah
Motif Bungong Kalimah berasal dari Aceh Besar, dan didaerah ini sangat banyak menyimpan motif-motif hias yang cantik. Motif Bungong Kalimah merupakan motif yang berisi kalimah Allah. Kain tenun yang bermotif ini, digunakan sebagai selendang atau penutup kepala wanita. Motif ini biasanya di apklikasikan pada ujung kain tenun.

2. Tenun Aceh Motif Bunga Delimah
Motif ini dipilih berdasarkan pada konsep buah yang disebutkan di dalam Kitab Suci Al-Quran bahwa buah delima merupakan salah satu jenis buah yang terdapat didalam surga.

3. Tenun Aceh Motif Tumpuk Manggis/mongeute
Motif ini banyak beredar di masyarakat Gayo/Alas. Motif ini menggambarkan kondisi lingkungan setempat yang subur, karena buah manggis dianggap sebagai raja buah dengan kandungan anti oksidan yang tinggi.

4. Motif Hias Tuleng Iken/Tulang Ikan dan Peger/Pagar.
Motif ini sama halnya dengan motif sebelumnya, yaitu beredar di masyarakat Gayo/Alas. Motif hias tuleng iken/tulang ikan menggambarkan ikan depik yang menjadi ikan khas di Gayo/Alas sedangkan motof peger/pagar melambangkan perlindungan, yaitu bahwa selembar kain mampu memberikan perlindungan kepada pemakainnya terhadap rasa malu karena mampu menutup aurat dengan baik. Dan 2 motif ini hanya akan di jumpai di masayarakat Gayo/Alas saja.

4. Tenun Aceh Kain Tenun Ija Blah Blah
Pohon hayat yang menjadi ciri kain tenun Siem serta terdapat pada kain tenun ija dua blah blah melambangkan kehidupan dan harapan. Masyarakat Aceh zaman dulu, mempercayai bahwa selembar kain yang dipakai oleh pemakainya mampu mengandung harapan dan rezeki yang baik.

5. Tenun Aceh Motif Daun Sirih
Motif selanjutnya yaitu Motif Daun Sirih yang mempunyai filosofi kehidupan yang terus meningkat, berasal dari batang sirih yamg terus merambat.

6. Tenun Aceh Motif Awan
Motif Awan dalam tenun Aceh, hal ini mempunyai pengertian bahwa cuaca di Sumatera yang cerah akan membawa kehidupan masyarakat yang dinamis.

Motif yang lain yang terdapat pada kain tenun Aceh misalnya motif bungong campli/bunga cabai, bunga tabur, dan unsur alam lainnya. Motif hias yang lainnya dibuat biasanya hanya untuk hiasan saja, lebih tepatnya untuk memenuhi bidang hias dan menambah estetika dari kain yang ditenun.

Demikianlah informasi tentang kain tenun aceh. Salah satu jenis kain tenun yang memiliki motif khas dan syarat akan makna religius. Semoga bermanfaat.

 

Bagikan informasi tentang Mengenal Tenun Aceh – Sejarah, Ciri khas dan Makna Motif Kain Tenun Dengan Motif Khas dan Syarat Makna Religius kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Tenun Aceh – Sejarah, Ciri khas dan Makna Motif Kain Tenun Dengan Motif Khas dan Syarat Makna Religius | GriyaTenun.com

Belum ada komentar untuk Mengenal Tenun Aceh – Sejarah, Ciri khas dan Makna Motif Kain Tenun Dengan Motif Khas dan Syarat Makna Religius

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 26%
Kain Tenun Rangrang – RR 005

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun rangrang RR 005Rp 100.000 Rp 135.000
Tersedia / RR 005
Rp 100.000 Rp 135.000
Stok: Tersedia
Kode: RR 005
OFF 39%
Kain Tenun Bulu Sutra BST010

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 950.000 Rp 1.550.000
Tersedia / BST010
Rp 950.000 Rp 1.550.000
Stok: Tersedia
Kode: BST010
OFF 19%
Tas Tangan Tenun Wanita TTW003

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 150.000 Rp 185.000
Tersedia
Rp 150.000 Rp 185.000
Stok: Tersedia
OFF 15%
Kain Tenun Baron Jepara – BR 005

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tenun Baron Jepara BR 005Rp 182.000 Rp 215.000
Tersedia / BR 005
Rp 182.000 Rp 215.000
Stok: Tersedia
Kode: BR 005
SIDEBAR
Don`t copy text!