Butuh Bantuan? Customer service Griyatenun.com siap melayani dan membantu Anda.
Beranda » Artikel Terbaru » 7 Pilihan Motif Batik Yang Cocok Untuk Dijadikan Batik Sarimbit Yang Memberikan Kesan Klasik dan Elegan

7 Pilihan Motif Batik Yang Cocok Untuk Dijadikan Batik Sarimbit Yang Memberikan Kesan Klasik dan Elegan

Diposting pada 25 January 2024 oleh griyatenun | Dilihat: 20 kali

7 Pilihan Motif Batik Yang Cocok Untuk Dijadikan Batik Sarimbit Yang Memberikan Kesan Klasik dan Elegan

Pilihan Motif Batik Sarimbit – Batik Sarimbit merupakan busana tradisional Indonesia, yaitu dua baju batik yang kontras, dan dibuat satu untuk wanita, satunya lagi pria. Kata Sarimbit sendiri asalnya dari bahasa Jawa artinya pasangan, atau yang lebih populer disebut batik Couple. Dari istilah tersebut, jadi batik sarimbit mempunyai arti yaitu batik yang desainnya khusus dibuat untuk pasangan.

Batik Sarimbit ini merupakan hasil kombinasi dari unsur-unsur tradisional dengan sentuhan gaya modern, sehingga mampu menciptakan busana tradisional batik yang memberikan kesan klasik dan elegan bagi yang mengenakannya.

Dikenal karena gayanya yang elegan dan juga keindahannya , batik Sarimbit menjadi pilihan yang populer bagi banyak pasangan untuk dikenakan. Biasanya batik ini digunakan para pasangan untuk tampil serasi dan keren mempunyai kesamaan dari segi warna serta motif.

Busana Batik Sarimbit

Sejarah Batik Sarimbit

Batik Sarimbit sendiri lahir pada masa kerajaan Jawa, yang ketika itu hanya digunakan para bangsawan dan keluarga kerajaan sebagai busana formal. Kemunculan batik sarimbit adalah bentuk khusus dari batik tradisional yang berhubungan dengan keselarasan dalam menjalankan kehidupan berkeluarga.

Batik ini didesain untuk pasangan suami istri, sebutan sarimbit asalnya dari kata “seri” yang artinya pasangan, sementara “mbit” berarti bersama. Batik sarimbit pada dasarnya merupakan pengembangan dari batik tradisional Indonesia yang sudah muncul dari zaman dahulu.

Sarimbit memiliki gambaran bahwa setiap anggota keluarga adalah bagian yang penting, dengan memakai batik sarimbit, tercermin keharmonisan keluarga. Pada zaman kerajaan, batik sarimbit dikenakan oleh raja dan ratu, serta keluarga kerajaan menjadi lambang status sosial dan kebangsawanan.

Dengan berkembangnya zaman, batik sarimbit juga mulai dipakai oleh masyarakat umum untuk busana pada acara-acara tertentu seperti acara adat dan pernikahan. Motifnya juga ikut berkembang mulanya batik sarimbit didominasi oleh motif-motif flora dan fauna yang diambil dari alam sekitar.

Saat ini batik sarimbit sudah mulai sering dipakai oleh masyarakat umum untuk pakaian sehari-hari. Bahkan sekarang batik sarimbit juga telah menjadi tren busana sehari-hari yang populer dengan desain yang lebih beragam dan modern.

Pilihan Motif Cocok Untuk Batik Sarimbit

Ternyata, untuk dijadikan busana batik sarimbit,tidak semua motif batik bisa dijadikan batik sarimbit, Namun ada beberapa juga beberapa motif yang tidak cocok untuk dijadikan batik sarimbit. Hal ini karena setiap motif batik memiliki makna atau filosofi tersendiri.

Berikut ini adalah beberapa pilihan motif batik yang cocok dijadikan batik sarimbit antara lain :

1. Motif Truntum
Truntum adalah jenis motif batik yang dilambangkan dengan gambaran bunga bentuknya bundar keliling seperti matahari. Motif truntum ini diciptakan oleh Ratu Kencana atau yang terkenal dengan nama Sunan PakuBuwana III, sering dipakai ketika prosesi midodareni.

Midodareni yaitu malam sebelum hari H pernikahan menggambarkan malam terakhir sebelum sang anak berpisah dengan kedua orang tuanya. Motif truntum mempunyai makna cinta yang tidak berakhir dan selalu berkembang, motif ini simbol cinta kasih orang tua tanpa terbatas.

2. Motif Grompol
Motif batik yang bagus untuk sarimbit yaitu Grompol, yang merupakan salah satu jenis kain batik turunan dari motif ceplok. Diharapkan pada pasangan yang menggunakan motif batik ini, akan mendapatkan suatu keberkahan dalam hidup dan memiliki masa depan yang bahagia.

Bukan hanya dari soal rezeki saja yang berlimpah tetapi juga keturunan, kerukunan, kedamaian dan ketentraman hati. Karena Mengingat bahwa makna yang ada sangat baik, motif batik ini dapat digunakan dalam prosesi apa saja dan kapan saja.

3. Motif Sido Asih
Salah satu pilihan motif batik Solo yang cocok untuk sarimbit adalah motif sido Asih yang sarat dengan makna. Biasanya motif Sido Asih ini mempunyai corak dengan warna sogan coklat tua, motifnya pun sejajar dan juga simetris.

Warna sogan coklat inilah yang melambangkan asal mula dari batik sido asih, sama seperti namanya, yaitu memiliki sifat saling Asih. Mengharapkan kehidupan setelah menikah dipenuhi dengan rasa saling menghargai dan saling menyayangi antara yang satu dengan lainnya.

4. Motif Sido Mulyo
Munculnya Kain batik motif Sido Mulyo asalnya dari Banyumas masih mempunyai pengaruh keraton, bentuk motifnya geometris seperti bidak-bidak persegi. Setiap bidak tersebut memiliki bentuk motif garuda, kupu-kupu dan pohon, makna yang terdapat dalam motif ini sangat mendalam.

Biasanya pengantin yang sering memakai motif batik ini, dan diharapkan kehidupan menjadi sejahtera, bahagia, serta berlimpah rezeki. Motif batik sering digunakan oleh pengantin yang usianya sudah tidak muda lagi atau berstatus janda dan duda.

5. Motif Sido Mukti
Motif SidoMukti juga cocok untuk dijadikan sarimbit, kata SidoMukti memiliki arti menjadi atau sebuah harapan untuk menjadi. Mukti juga memiliki makna kehidupan yang sejahtera dan makmur di dunia dan akhirat, dominan dengan warna coklat.

Motif batik ini biasanya sering digunakan pada saat prosesi panggih, dan juga ketika acara akad nikah. Selain itu juga memiliki makna harapan agar kedua pasangan mempunyai sifat saling menyayangi antara satu sama lain.

6. Motif Cakar Ayam
Selanjutnya motif yang cocok adalah batik Cakar Ayam yang memiliki bentuk motif geometris membentuk persegi. Seperti juga namanya, motif ini dilengkapi dengan bentuk cakar ayam untuk menopangnya, dan biasanya identik dengan warna dasar yang gelap.

Motif batik ini adalah gambaran dari semangat berjuang yang tinggi untuk mengarungi kehidupan setelah menikah. Dan Selain daripada itu cakar ayam yang terdapat pada motif batik ini juga menggambarkan kemudahan dalam mencari rezeki dan kemakmuran.

7. Motif Sido Luhur
Motif batik yang cocok untuk sarimbit lainnya yaitu SidoLuhur, didalamnya terdapat motif dengan gambar pohon hayat, garuda bersayap satu. Harapan ketika memakai motif ini adalah agar pasangan mempunyai sifat yang luhur dan terpuji dan lebih bijaksana menjalani kehidupan.

Kegunaan Batik Sarimbit

Penggunaan batik Sarimbit tidak hanya sekedar penampilan yang seragam, namun lambang keselarasan dalam keluarga, cerminan bahwa anggota keluarga merupakan kesatuan. Motif yang ditunjukan pada kain batik beraneka ragam namun tetap harmonis, begitupun keluarga, merupakan individu yang berbeda tetap saling mendukung.

Seiring perkembangan zaman sekarang ini, pengguna batik sarimbit bukan hanya pasangan suami istri saja, namun juga bisa dikenakan oleh pasangan yang belum menikah. Saat menghadiri acara formal seperti acara pernikahan atau acara-acara resmi yang lain batik sarimbit bisa digunakan agar tampil kompak.

Demikianlah informasi tentang 8 pilihan motif yang cocok untuk dijadikan batik sarimbit. Melalui pemakaiannya, batik sarimbit bukan hanya menjadi simbol keindahan seni tekstil Indonesia, namun juga identitas budaya yang beragam dan kaya. Motif batik sarimbit adalah sebagai lambang dari sebuah keindahan,keharmonisan, dan juga keutuhan keluarga, semoga bermanfaat.

 

Bagikan informasi tentang 7 Pilihan Motif Batik Yang Cocok Untuk Dijadikan Batik Sarimbit Yang Memberikan Kesan Klasik dan Elegan kepada teman atau kerabat Anda.

7 Pilihan Motif Batik Yang Cocok Untuk Dijadikan Batik Sarimbit Yang Memberikan Kesan Klasik dan Elegan | GriyaTenun.com

Belum ada komentar untuk 7 Pilihan Motif Batik Yang Cocok Untuk Dijadikan Batik Sarimbit Yang Memberikan Kesan Klasik dan Elegan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 29%
Kain Tenun Endek CSM – EDK011

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 137.500 Rp 195.000
Tersedia / ED011
Rp 137.500 Rp 195.000
Stok: Tersedia
Kode: ED011
OFF 10%
Sepatu Tenun Flat STF004

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 280.000 Rp 310.000
Tersedia
Rp 280.000 Rp 310.000
Stok: Tersedia
OFF 10%
Sepatu Tenun Flat STF001

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 280.000 Rp 310.000
Tersedia
Rp 280.000 Rp 310.000
Stok: Tersedia
OFF 22%
Kain Tenun Baron 1 Dimensi BR-010

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kain Tenun Baron 1 Dimensi BR 010Rp 145.000 Rp 185.000
Tersedia / BR 010
Rp 145.000 Rp 185.000
Stok: Tersedia
Kode: BR 010
SIDEBAR
Don`t copy text!