Inilah 2 Pemanfaatan Kain Goni Untuk Bagus Untuk Kerajinan

Inilah 2 Pemanfaatan Kain Goni Untuk Bagus Untuk Kerajinan

GriyaTenun.com – Kain goni adalah salah satu jenis kain yang terbuat dari benang besar dan memiliki tekstur kasar. Fungsi utama dari kain goni ini adalah untuk kantong atau karung, banyak kita jumpai digunakan untuk menyimpan biji-bijian, kemasan untuk beras, gula, dan hasil panen. Selain untuk karung, kain goni juga bisa memanfaatkan kain goni untuk kerajinan.

Sejarah Kain Goni

Pada awalnya kain goni terbuat dari bulu kambing, ada juga yang terbuat dari serat jute. Serat jute ini terbuat dari kulit batang pohon bast fibre.

Selain itu ada juga yang terbuat dari serat rosella. Karung goni yang terbuat dari bahan serat rosela, kuat karena ditenun menggnuakan bahan dasar serat yang tebal sehingga tidak mudah putus.

kain goni

Pemanfaatan Kain Goni

Pemanfaatan kain goni untuk kerajian dan fashion antara lain untuk tas, taplak meja, sepatu, dompet boneka dan lain-lain. Sedangkan dalam interior dapat digunakan untuk gorden cendela, hiasan lampu, kursi dan masih banyak lagi.

1. Tas dan Sepatu dari kain goni

Untuk digunakan sebagai bahan pembuatan tas, sepatu, hand bag, tote bag, dompet, camera case, pencil case. Pada bagian dalam harus dilapisi dengan kain yang lebih lembut, karena kain goni memiliki tekstur sangat kasar.

pada bagian luar bisa dipadukan dengan kain printing atau dikasih pernak-pernik untuk memperindah tas / dompet tersebut.

2. Kain Goni Untuk Interior

Penggunaan bahan dari kain goni untuk keperluan interior kini semakin banyak ditemui, mulai dari gorden, hiasan lampu, hiasan kaligrafi, untuk lapisan kursi dan masih banyak lagi.

Baca Artikel :   6 Tips Mudah Dalam Memadu Padankan¬† Kain Tenun Ikat Dengan Jenis Pakaian Lain Dalam Berbagai Acara

Kebanyakan yang menggunakan bahan goni untuk interior dari desainer asal Eropa atau Amerika hal ini karena semangat mereka untuk mempromosikan GO Green, memanfaatkan kain goni sebagai pengganti penggunaan plastik.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *